Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul

Monday, July 24th 2017.

Seakan potensi wisata alam di jogjakarta tidak ada habisnya untuk ditelusuri, di kabupaten gunung kidul terdapat sebuah spot air terjun yang sangat menarik bernama Air Terjun Luweng Sampang. Kalau tidak percaya silahkan kamu googling, pastinya nanti akan bermunculan gambar-gambar menarik tentang air terjun ini yang katanya mirip dengan bebatuan grand canyon di amerika sana 🙂

air terjun luweng sampang

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Untuk mencapai air terjun yang eksotis ini, jika berangkat dari kota Yogyakarta dapat diteempuh selama 1 jam perjalanan atau kurang lebih 35 kilometer. Rute yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :
 
1. Kota Jogjakarta –> Ringroad ketandan –>Jalan wonosari –> Piyungan –> Bukit Pathuk –> Ngoro oro Ombo –>Perempatan Puskesmas Patuk 2 –> Lurus sampai bertemu pertigaan pedukuhan Semilir kemudian ambil kiri –> Pertigaan SDN Belang Terbah, terus saja lurus sampai bertemu Balai Desa Terbah –> ada pertigaan kemudian ambil yang arah lurus kemudian ikuti jalan kurang lebih 3 kilometer sampai ketemu objek wisata Air Terjun Luweng Sampang.
2. Kota Yogyakarta –> Maguwoharjo –> Prambanan –> Jalan Jogja Solo ambil kanan menuju desa Gantiwarno Klaten –> SDN Jogoprayan Gantiwarno Klaten–> Desa Sampang Gunungkidul –> Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 kilometer hingga sampai ke objek wisata Air Terjun Luweng Sampang di sebelah kiri jalan.
Untuk lebih detailnya kamu bisa search di googlemap dengan kata kunci Air Terjun Luweng Sampang, nanti kamu akan dipandu oleh GPS untuk sampai ke tujuan.

Apasih keindahan yang tersembunyi dari Air Terjun Luweng Sampang ini?

Salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah air terjun yang berada diantara jepitan bebatuan kapur atau biasa disebut kars. Nah di tempat ini guratan bebatuan kars yang terkikis secara alami oleh alam menjadi daya tarik yang unik sebagai lukisan alam yang indah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keasrian tempat ini untuk bersantai serta bermain air. Airnya sangat jernih karena memang masih sangat terjaga keasriannya dan masih benar-benar alami.

Airnya bisa berubah-ubah warnanya sesuai musimnya. Jika kamu datang pada musim kemarau, airnya akan terlihat berwarna tosca dan jernih namun bila kamu datang pada saat musim penghujan maka air terjunnya akan sedikit lebih cokelat dan debit airnya lumayan deras sehingga pengunjung untuk lebih berhati-hati.

Penasaran dengan keindahan Grand Canyonnya jogja ini? yuk eksplore keindahan jogjakarta bersama jpswisata. pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja pilihanmu.

 

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan