Asal Usul Bakpia Pathok Jogjakarta

Thursday, April 6th 2017.

Mendengar kata Bakpia Pathok pastilah pikiran kamu langsung tertuju pada sebuah kota kecil istimewa yang bernama Jogjakarta. Namun, perlu kamu ketahui bahwa Kuliner Bakpia sebenarnya bukan makanan asli dari kota Jogjakarta namun berasal dari Tiongkok.

Di negeri asalnya tiongkok, nama asli bakpia adalah Tou Luk Pia yang berasal dari dialek Hokkian. Secara harfiah Tou Luk Pia ini berarti kue yang berisi daging. Namun karena lidah orang indonesia kesulitan mengucap bahasa aslinya maka Tou Luk Pia pun berubah menjadi Bakpia. Meski berasal dari Tiongkok, bakpia yang ada di jogja ini telah berevolusi baik dari segi rasa maupun bentuknya yang dimodifikasi agar sesuai dengan lidah masyarakat lokal jogja. Bakpia di jogjakarta sudah tidak lagi berisi daging, namun berganti menjadi kacang ijo.

Mungkin anda tertarik ?   Jamu godog jawa, Keunikan Minuman herbal dari Joglo Pari Sewu

bakpia pathok

Sejarah Bakpia di Jogjakarta

Lantas yang jadi pertanyaan, bagaimana awal mula bakpia bisa menjadi makanan khas Jogjakarta? Pada tahun 1948, di jogjakarta tinggal keluarga yang berketurunan etnis tionghoa bernama Goei Gee Oe yang mencoba usaha memproduksi bakpia sebagai industri rumahan.

Pada saat itu, bakpia buatannya tidak dijual di toko namun dijajalan secara eceran dari rumah ke rumah. Bakpia tersebut juga belum dikemas dan dilabeli seperti saat ini, namun hanya dimasukkan kedalam besek (wadah berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu)

Setelah sekian lama berjalan, bakpia buatannya pun menjadi populer dan terkenal sehingga pada tahun 1980 mulai muncul produsen-produsen pembuat bakpia di kawasan Pathuk. Produsen pembuat bakpia sudah tidak menjajakan dagangannya dari pintu ke pintu namun sudah membuka toko di rumahnya dan sudah dikemas dengan dus atau kertas karton dengan merk dagang berupa nomer rumah pembuatnya. Dari kawasan tersebut mulailah dikenal nama Bakpia Pathuk, pelabelan bakpia dengan merk dagang berupa nomer rumah tersebut masih bertahan hingga saat ini. Oleh karenanya, kamu tidak usah bingung saat melihat aneka merk bakpia yang terdiri dari angka-angka berbeda. Seperti Bakpia Pathuk 25, atau Bakpia Pathuk 75.

Mungkin anda tertarik ?   Kuliner Maknyus Tengkleng Gajah

Evolusi Bakpia Pathok

Semakin berkembangnya jaman, maka bakpia pun ikut berevolusi menyesuaikan minat dari pelanggan. Bakpia pathok sekarang tidak melulu hanya berisikan kacang hijau saja, namun sudah banyak variasi isi, mulai dari isi keju, kumbu hitam atau coklat.

Untuk mencari makanan khas kota jogja ini sangatlah gampang karena di agen-agen penyedia oleh-oleh sudah banyak menyediakan makanan yang satu ini, namun bila kamu ingin tahu cara pembuatannya, kamu bisa mencoba mendatangi pusat pembuatan bakpia ini di Jln. Aip II KS. Tubun, Pathok, Ngampilan, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat bakpia sendiri? Yuk, pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)