paket wisata jogja terbaru

Bakpia Pathok yang Melegenda

Friday, December 23rd 2016.

Bakpia Pathok yang Melegenda

Sejarah Bakpia Pathok Khas Jogja yang Melegenda

Bakpia adalah salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang begitu melegenda. Rasanya ada yang kurang bila berkunjung ke Yogyakarta tapi tak membeli oleh-oleh Bakpia. Bakpia sendiri semacam jajajanan atau cemilan yang berbahan dasar tepung, kacang hijau dan gula. Namun, semakin berkembangnya zaman, Bakpia pun semakin banyak jenisnya. Selain rasa kacang ijo, ada juga bakpia rasa keju, rasa coklat, rasa strowberi, rasa nanas dan rasa-rasa lainnya.

Bakpia yang paling melegenda di Yogyakarta adalah Bakpia Pathok. Dinamakan Bakpia Pathok karena tempat produksi dari Bakpia yang satu ini ada di kawasan Pathok (baca; Pathuk), Yogyakarta. Kawasan tersebut sudah memproduksi bakpia dari tahun 1948 dan mulai terkenal ke seluruh pelosok Indonesia pada tahun 1992.

Nah, sadar akan kepopuleran bakpia, kini banyak bermunculan berbagai jenis bakpia dengan merek berbeda. Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, berikut 4 Bakpia yang bisa kamu pilih sesuai selera. Yuk simak.

 

  1. Bakpia Patuk 75

Bakpia Pathok 75 menjadi salah satu Bakpia paling Fenomenal dan legendaris di Yogyakarta. Nama 75 diambil dari nomer rumah sang pemilik yaitu Yung Yen. Bakpia yang satu ini sudah hadir dari tahun 1948. Wow! Pantas kalau Bakpia yang satu ini disebut sebagai bakpia legendaris.

Bakpia patuk 75 ini diolah dengan cara tradisional dan cita rasanya pun tak pernah berubah. Jika ingin membeli Bakpia Patuk sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta, kamu bisa datang ke Jln. KS Tubun no.75, Jln. KS Tubun no.83, Jln. HOS Cokroaminoto no.119B dan Jln. Magelang km 4,5.

  1. Bakpia Pathok 25

Selain Bakpia Patuk 75 ada juga bakpia Pathok 25. Bakpia yang satu ini menawarkan berbagai pilihan rasa, yaitu: kacang ijo, keju, cokelat, nanas, durian dan berbagai macam rasa lainnya. Bakpia pathok 25 ini tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta, yaitu di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504 yang merupakan pusatnya. Beberapa cabang lainnya terletak di Pasar Pathok Kios Pasar Pathok 14-18, Ongko Joyo Jl. AIP II KS Tubun 65, Kembang Jaya dan Bandara Jaya Jl. Laksda Adisucipto KM 9.

  1. Bakpia Pathok 145

Bakpia Pathok 145 juga menjadi salah satu bakpia yang patut banget diperhitungkan. Bakpia yang satu ini juga memiliki cita rasa yang khas dan tak kalah fenomenal dengan bakpia-bakpia lainnya. Jika ke Yogyakarta bisa membawa oleh-oleh Bakpia yang satu ini. Selain bakpia, ada juga yangko, gula kelapa muda, ampyang jahe dan berbagai macam oleh-oleh-oleh lainnya. Kamu cukup datang ke Jln. Gambiran no.40, Jln. Jendral Sudirman no.25, Jln. Wijilan depan Gudeg “Yu Djum”,  Jln. Kaliurang KM 5 dan Jln. Solo km.8.

  1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari bisa dikatakan pendatang baru sebagai produsen bakpia. Meski demikian, keberadaannya patut pula untuk diperhitungkan. Bakpia yang satu ini mempunyai cukup banyak keunggulan dibanding dengan bakpia-bakpia lainnya, yaitu jenis kulitnya yang lebih tipis, memiliki tekstur yang lebih lembut dan memiliki banyak pilihan rasa. Selain itu, Bakpia Kurnia Sari ini memiliki diameter yang lebih besar, isinya pun lebih padat. Jika tertarik membawa Bakpia Kurnia Sari sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta, kamu bisa langsung meluncur ke Jln. Ringroad Utara No. 6 (Ruko Permai Pogung Lor),  Jln. Glagah Sari no.97C dan Jln. Glagah Sari No. 112 dan. Sebaiknya pesan dari jauh-jauh hari sebelum membeli, karena bakpia yang satu ini stoknya cepet habis.

Nah, itulah 4 Bakipa di Yogayakarta yang fenomenal dan legendaris. Tinggal pilih mau beli yang mana. Masing-masing memiliki cita rasa  yang enak dan khas, hargapun cukup terjangkau. Semoga bermanfaat.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru