paket wisata jogja terbaru

Cavetubing Kalisuci di Gunung Kidul

Saturday, March 12th 2016.

Cavetubing Kalisuci

serunya cavetubing kalisuci di gunung kidul

Adventure Serunya Cavetubing di Kalisuci

Wisata adventure mengarungi sungai bawah tanah dengan bermodalkan ban pelampung, menyusuri aliran sungai dalam gua, siapkan diri anda untuk memulai petualangan yang memacu adrenalin dengan cavetubing Kalisuci.

Tempat cavetubing ini bernama Kalisuci, disebut demikian karena terdapat mata air yang berada di sebelah atas aliran sungai yang sangat jernih meskipun pada musim penghujan. Awalnya mata air ini dipergunakan warga sekitar untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. baik untuk minum, mandi dll. Selain mata air, di kalisuci ini juga menawarkan keindahan pemandangan tebing-tebing batu kapur berpadu air sungai yang jernih, sejenak kita bisa melupakan kepenatan karena bekerja.

Tempat untuk cavetubing kalisuci ini berada di dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu Gunung kidul. Menyusuri sungai yang mengalir melewati gua bawah tanah inilah yang menjadi andalan ekowisata cavetubing kalisuci. Aliran sungai yang berkelok-kelok terlihat dari atas tebing. Air yang berwarna biru kehijauan terlihat sangat kontras dengan kontur tanahnya yang berwarna cokelat, tebing karst serta daun-daun yang meranggas menciptakan pemandangan landscape alam yang menakjubkan.

Adventure yang sesungguhnya dimulai ketika aliran sungai memasuki gua Kalisuci dan Gua Gelatik, Sinar matahari telah hilang ditelan kegelapan gua, satu-satunya sumber cahaya hanya berasal dari headlamp. keindahan gua dengan ornamen-ornamen stalagnit dan skalaktit yang memanjakan mata, menyatu dengan keheningan alam menjadikan petualangan cavetubing kalisuci ini menjadi berkesan dan tak terlupakan.

Karena keindahan alam tersebut yang mendorong masyarakat setempat untuk memanfaatkannya sebagai tujuan wisata berkonsep ekowisata berbasis komunitas. Perpaduan gua kalisuci, derasnya jeram, megahnya ornamen gua, kilauan cahaya surga gua grubug, eksotisme vegetasi purba luweng jomblang, serta romantisme senja Telaga Jongke menjadikan salah satu alternatif wisata jika anda berlibur ke yogyakarta.

Cara menuju ke Kalisuci:

Dari kota Jogja menuju Piyungan ,Patuk , Sambipitu, Hutan Rest Area Bunder  , pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo , Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan ( Utara ) jalan.

Note: Wisata Cave tubing Kalisuci akan ditutup jika curah hujan tinggi, oleh karena itu bagi wisatawan yang hendak bercave tubing harap menghubungi pengelola yang terdiri dari penduduk lokal beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kondisi sungai.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru