Curug Sidoharjo, Samigaluh Kulonprogo

Monday, May 2nd 2016.

curug sidoharjo samigaluh kulonprogo

Air Terjun Curug Sidoharjo

Salah satu objek wisata baru di Kabupaten Kulonprogo ini bernama Curug Sidoharjo, wisata ini merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Objek wisata ini masih tergolong alami dan perlu pengelolaan dari pemerintah daerah setempat. Curug sidoharjo ini berbeda bila dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi sepanjang tahun, karena di curug ini wisatawan hanya bisa menikmati keindahan curugnya pada pertengahan musim penghujan saja. hal ini dikarenakan ketika musim kemarau airnya akan kering.

Dikarenakan kendaraan tidak bisa mencapai dekat lokasi air terjun, maka kita bisa menitipkan kendaraan ke rumah kepala dusun setempat yang biasa digunakan untuk lokasi parkir kendaraan. Untuk sampai ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor.

Mungkin anda tertarik ?   Cahaya Surga dari Goa Jomblang Gunungkidul

Rute Menuju Curug Sidoharjo

Dari arah jogja, ikuti saja jalan godean – Jembatan Progo – sampai ketemu perempatan nanggulan kemudian belok kanan ke arah utara sampai ketemu perempatan lampu merah dekso kemudian belok kiri ke arah barat sampai ketemu plang penujuk papan nama MTS 4 Samigaluh, masuk jalan kecil kiri jalan kemudian ikuti saja jalannya yang naik turun berkelok-kelok kurang lebih 5 kilometer sampai ketemu MTS 4 kemudian belok kiri naik sampai ada pertigaan gardu ronda. Anda bisa memarkirkan kendaraan anda disitu.

Selanjutnya anda harus trekking dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 300 meter. Jalur trekking ini berupa jalan setapak yang melewati tepi sawah. Dari sini terlihat hamparan luas area persawahan yang hijau dengan background perbukitan indah di belakangnya. Anda harus berhati-hati jika datang pada musim penghujan karena jalan setapak menjadi licin karena memang masih berupa tanah liat.

Mungkin anda tertarik ?   Hutan Wisata Kalibiru, Pesona Landscape Perbukitan Menoreh

Di sebelah kiri jalan terdapat saluran air yang berasal dari mata air. Air yang mengalir sangat jernih karena merupakan air tanah yang biasa digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk irigasi persawahan. Selain itu sepanjang perjalanan anda akan disuguhi tebing-tebing tinggi yang berdiri dengan gagah dan indah.

Sesampainya di lokasi curug sidoharjo ini, anda akan dibuat takjub dengan keindahan air terjun yang tingginya sekitar 75 meter. Di lokasi air terjun ini anda bisa bermain air sepuasnya

Tips berwisata ke curug sidoharjo :

1. Gunakan sandal gunung atau sepatu karena jalan masih setapak dan licin bila musim penghujan
  2. Sebaiknya anda berkunjung pada bulan Maret dan April karena debit airnya cukup deras sekitar bulan tersebut karena masih musim penghujan
  3. Bawalah bekal makan dan minum sendiri dari rumah karena di tempat wisata tersebut belum ada penjual yang menyediakan.
  4. Jagalah kebersihan, karena masih minimnya sarana dan prasarana. Baiknya sampah bekas makan dan minum dibawa kembali dan jangan dibuang sembarangan.
Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)