paket wisata jogja terbaru

Growol, Makanan Khas Kulon Progo yang bercitarasa unik

Friday, July 28th 2017.

Growol? apasih itu growol, anak-anak muda jaman sekarang terutama yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta pasti banyak yang belum tahu makanan khas Kulon Progo ini. Memang sih, jenis makanan growol ini sudah hampir tenggelam tergerus beraneka macamnya kuliner yang terus berkembang hingga saat ini. Namun buat kamu anak tahun 90an kebawah biasanya masih menjadi salah satu makanan favorit untuk sekedar camilan serta mengenang masa-masa kecil dahulu.

makanan khas kulon progo

Memang jika merunut kembali kebelakang, Growol adalah salah satu makanan pengganti nasi yang mempunyai rasa hambar atau gurih yang terbuat dari singkong. Jadi growol merupakan salah satu alternatif pengganti nasi yang sama-sama mengenyangkan.

Untuk menikmati growol makanan khas kulonprogo ini, lebih afdol bila kamu menyantap bersama dengan pasangannya, bisa dengan tempe benguk (besengek), pentho dengan bahan baku kelapa, sarundeng, dan yang paling menjadi favorit adalah growol ini disantap bersama dengan kethak. Kethak merupakan sisa hasil endapan dari pengolahan minyak kelapa.

Salah satu keunikan dari makanan khas kulon progo ini adalah citarasanya yang unik, jadi buat kamu yang penasaran rasanya seperti apa, janganlah ragu untuk mencicipinya, karena selain citarasanya yang unik, harganya pun sangatlah terjangkau berkisar 5-10 ribu rupiah sudah dapat mengenyangkan perut.

Nah, untuk mendapatkan makanan khas kulon progo ini kamu bisa coba mendatangi pasar-pasar tradisional yang ada di daerah Kulon Progo seperti pasar Wates atau pasar Jombokan. Di sana banyak penjual yang masih menjajakan growol tradisional dengan berbagai pasangan makanan untuk menyantapnya.

Penjual growol yang buka sampai sore ada di sebelah timur kantor Pasar Wates di lantai 2, growol di sana sangat lengkap, kamu bisa mencoba growol yang cara pembuatannya digiling dengan tekstur lembut atau cara manual yang tanpa digiling sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal.

Selain itu, sekarang growol juga hadir dengan berbagai varian, jadi tidak melulu rasa hambar atau gurih saja, namun sekarang mulai berkembang dengan berbagai pilihan rasa seperti manis, bahkan ada juga yang berinovasi dengan membuat brownis growol.

Jadi, buat kamu yang sedang atau merencanakan berkunjung ke Kulon Progo, jangan sampai kelupaan ya, growol bisa menjadi salah satu makanan khas kulon progo yang bisa kamu coba cicipi ataupun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru