paket wisata jogja terbaru

Gunung Andong, gunung mini dengan pemandangan maximal

Monday, March 28th 2016.

Gunung Andong Magelang

gunung andong magelang

Mungkin gara-gara film 5 cm banyak orang-orang yang penasaran akan pendakian gunung dan menjadi trend bagi kalangan anak-anak muda jaman sekarang. Film yang mengisahkan sekumpulan anak muda yang mencoba melakukan petualangan menaklukkan gunung mahameru, gunung tertinggi di jawa. Namun dalam melakukan pendakian yang sebenarnya, seorang pendaki harus berpengalaman dan mempunyai dukungan alat yang lengkap terutama bila akan mendaki gunung yang tinggi.

Nah sebagai ajang latihan bagi para pemula yang akan mendaki, gunung andong ini sangat cocok sebagai ajang latihan bagi pemula. Alasannya adalah Gunung andong ini terletak di kabupaten Magelang, jawa Tengah dengan ketinggian 1726 mdpl, selain itu jalur yang cukup pendek dan mudah karena sudah berbentuk tangga yang dibuat oleh pengelola setempat dan jalur tersebut hanya satu jalur jadi kemungkinan bila pendaki tersesat sangatlah kecil.

Meskipun gunung andong ini tergolong gunung mini, namun Pesona keindahan gunung andong sangatlah menawan, karena dari puncak gunung andong anda bisa melihat gunung merapi dan gunung merbabu di sisi timur, sedangkan gunung sumbing, sindoro dan gunung slamet di sisi barat.

Hal-hal dasar yang perlu disiapkan untuk memulai pendakian haruslah diperhitungkan secara cermat dan matang. Misal, kesiapan fisik pendaki, peralatan keselamatan dan P3K, logistik. Selain itu para pendaki juga harus memperhatikan norma petualang yaitu tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, tidak mengambil apapun selain gambar dan tidak membunuh apapun kecuali waktu.

Rute Pendakian Gunung Andong Magelang

peta pendakian gunung andong

Basecamp pendakian gunung andong terletak di dusun sawit, kecamatan Ngablak, kabupaten Magelang. Pertama-tama jalan yang harus dilewati yakni jalan desa menurun menuju perkebunan warga. Tanaman perkebunan di lereng gunung andong ini berupa kobis, tembakau, cabe dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Setelah perjalanan selama kira-kira 15 menit, anda akan sampai pada batas perkebunan dengan hutan pinus yang berarti dimulainya rute pendakian gunung andong. Jalur yang ada sudah cukup baik berbentuk tangga, sekitar 45 menit perjalanan anda akan sampai pada batas akhir hutan pinus dan menuju bukaan dengan vegetasi semak di kanan kiri jalur pendakian gunung andong tanpa adanya pohon tinggi, sehingga bila cuaca sedang cerah anda akan disuguhi pemandangan bawah yang sangat indah.

Ketika anda masuk jalur terbuka ini, disini terdapat sumber mata air yang bisa digunakan oleh pendaki untuk bekal memasak di puncak atau sekedar untuk membasuh badan. Setelah setengah jam perjalanan dari mata air, anda akan sampai di puncak Gunung Andong.

Puncak dan area camping Gunung Andong

puncak gunung andong

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, anda akan tiba di puncak andong. Di gunung andong ini memiliki 4 buah puncak yaitu Puncak Jiwa, Puncak Makam, Puncak Alap-alap dan Puncak Andong. Jika langsung menuju puncak andong maka anda akan melewati puncak Jiwa terlebih dahulu. Puncak makam berada di sebelah barat dan Puncak Alap-alap di ujung timur.

Di gunung andong ini tidak ada camping ground khusus untuk mendirikan camp, namun para pendaki biasanya mendirikan tenda di sekitar Puncak Jiwa.

Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, namun pemandangannya tidak kalah keren dengan gunung-gunung lain. Karena dari puncak andong anda bisa melihat gunung merapi dan gunung merbabu di sisi timur, sedangkan gunung sumbing, sindoro dan gunung slamet di sisi barat.

Sangat sulit untuk mendapatkan pemandangan sunrise di Puncak Andong karena biasanya kabut cukup tebal. Kabut ini baru akan turun sekitar jam 8 pagi. Namun anda tidak perlu kecewa meski tidak mendapatkan sunrise karena pemandangannya tetap indah mempesona.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru