Camping Asik di Gunung Api Purba Nglangeran

Thursday, March 10th 2016.

Gunung Api Purba Nglangeran

gunung api nglanggeran

Gunung Api purba Nglangeran merupakan ekowisata yang berada di kabupaten gunungkidul. Di ekowisata ini menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis. Di kawasan ini banyak ditemukan bongkahan batu-batu berukuran besar ketika anda menuju puncak gunung api purba. Jika anda berencana untuk berkunjung ke tempat ini sebaiknya anda datang pada musim panas / kemarau, karena jika sedang musim penghujan maka jalan setapak untuk menuju ke puncak menjadi sangat licin. Namun anda tidak perlu khawatir karena sudah dipasang tali sebagai pengaman, selain itu para pemuda dari warga sekitar gunung api nglangeran siap membantu sekaligus membantu anda untuk mencapai puncak gunung yang berada di ketinggian sekitar 700 mdpl.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan untuk sampai di pos pertama. Di pos pertama ini hamparan hijau pemandangan tersaji dengan sangat indah. Pada pos pertama ini bebatuan andesit terlihat terjal  dengan sudut kemiringan sekitar 60 derajat yang sangat licin bila musim penghujan jadi anda harus berhati-hati. Bagi anda yang ingin meneruskan sampai puncak Gunung Gede, dibutuhkan waktu sekitar 1 – 1,5 jam pendakian.

Mungkin anda tertarik ?   Serunya Rafting Sungai Elo Magelang

Bagi wisatawan yang tidak sanggup melanjutkan sampai ke puncak, bersantai sembari menikmati pemandangan dan berfoto ria di pos pertama ini sudah lebih dari cukup. Namun jika anda masih punya kekuatan untuk melanjutkan sampai kepuncak maka anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa melihat pemandangan nan indah dari ketinggian.

Gunung api purba nglangeran ini terletak pada koordinat 7o 50,4′ 25” LS dan 110o 32,3′ 21” BT yang secara administratif terletak di desa nglangeran, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Dari kota wonosari hanya berjarak 22 km dan 25 km jika anda dari arah kota Jogjakarta. Agar lebih nyaman untuk perjalanan lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Arung Jeram Magelang Di Sungai Elo

Gunung Nglangeran ini setelah diteliti oleh para ahli merupakan Gunung berapi purba karena kawasan ini litologinya disusun oleh material vulkanik tua. Lokasi ini sangat cocok bagi anda pecinta panjat tebing, trekking maupun camping. Anda bisa bercamping di tempat ini maximal 10 tenda dengan tenda ukuran kecil.

Di tempat ini terdapat sejumlah tempat yang disebut Gunung Kelir, Sumber Air Comberan, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Blencong, Gunung Buchu, Tlogo Wungu, Tlogo Mardhido, Talang Kencono, dan Pemean Gadhung.

Di puncak gunung Nglanggeran terdapat mata air yang tidak pernah kering yang bernama Sumber Air Comberan yang konon dapat membuat awet muda jika digunakan untuk membasuh muka. Pemandangan yang luas tersaji dari posisi puncak ini yang merupakan tempat favorit bagi fotografer untuk mengabadikan keindahan lukisan Tuhan.

Mungkin anda tertarik ?   Menyusuri keunikan Museum Sisa Hartaku

Akses Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran

Saat ini belum ada jalur angkutan umum yang menuju lokasi gunung ini, sehingga anda harus menggunakan kendaraan sendiri maupun menyewa kendaraan. Sedangkan jalur untuk menuju obyek ini ada dua jalur yang dapat anda pilih :

  • Dari Wonosari : Bunderan Sambipitu – Dusun Bobung – Desa Nglanggeran.
  • Dari Yogyakarta : Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)