Hutan Mangrove Pantai Congot

Wednesday, March 30th 2016.

Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan mangrove pantai congot ini dikelola sendiri oleh warga masyarakat setempat. Meskipun belum sempurna dan belum begitu luas, namun kita patut berbangga karena masih ada masyarakat yang sadar lingkungan karena hutan mangrove pantai congot ini merupakan satu-satunya hutan mangrove di jogjakarta dan sekarang ini sedang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga jogja dan sekitarnya yang penasaran.

hutan mangrove pantai congot

Sebetulnya ada 2 lokasi untuk pengembangan hutan mangrove di jogja, yang pertama berada di ujung sungai progo, diantara perbatasan kabupaten bantul dan kabupaten kulon progo. Sedangkan yang kedua berada di pantai congot, hutan mangrove ini lebih difungsikan untuk mempertahankan pesisir pantai dari abrasi. Namun berawal dari foto-foto yang tersebar di medsos seperti facebook, instagram maupun path menjadikan Hutan Mangrove Pantai Congot ini menjadi populer, sehingga kawasan ini sekarang menjadi ramai oleh pengunjung. hal ini kemudian dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan membangun lahan parkir dan jembatan bambu agar pengunjung bisa berjalan-jalan melihat lokasi hutan mangrove.

Mungkin anda tertarik ?   Mengejar sunrise di gunung ireng

Lokasi dan rute menuju ke hutan mangrove pantai congot

Hutan mangrove pantai congot ini secara administratif terletak di dusun pasir mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Untuk rute menuju hutan mangrove ini jika dari kota jogja adalah melalui jalan jogja -wates, sampai ketemu patung kuda kota wates terus masih kebarat lagi sampai ketemu terminal wates kemudian ambil kiri.

Dari terminal wates masih sekitar 10 kilometer perjalanan, setelah ketemu rumah makan padang murah meriah pertigaan berbentuk huruf “Y” ambil arah kiri yang menuju pantai congot atau sebelum tugu selamat datang kabupaten purworejo. Anda lurus saja sampai ketemu jembatan congot, perjalanan masih lanjut ke arah barat kira-kira 100 meter di kiri jalan ada papan nama dusun pasir mendit, setelah itu ikuti saja petunjuk papan yang tersedia.

Mungkin anda tertarik ?   Rekomendasi Tempat Wisata Di Bayuwangi Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

senja di pantai congot

Note :

Bila anda tertarik mengunjungi objek wisata hutan mangrove pantai congot ini, maka disarankan untuk datang pada sore hari, sekitar jam 4, selain itu anda bisa melihat pesona sunset yang indah diantara hutan mangrove atau pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi karena apabila anda datang pada siang hari maka suasana di hutan mangrove pantai congot juga sangat panas dan belum banyak tempat untuk berteduh.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)