Hutan Wisata Kalibiru, Pesona Landscape Perbukitan Menoreh

Thursday, March 17th 2016.

Hutan Wisata Kalibiru

Jika anda ingin melihat keindahan landscape perbukitan menoreh yang menghijau serta pemandangan waduk sermo, silahkan kunjungi objek wisata di kulonprogo propinsi jogjakarta ini yang biasa disebut dengan objek wisata Kalibiru. Kalibiru merupakan sebuah hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Hutan wisata kalibiru ini terletak di Desa Hargowilis, kecamatan kokap, kabupaten Kulonprogo

wisata kalibiru jogja

Fasilitas di Objek Wisata Kalibiru

Di objek wisata kalibiru ini fasilitasnya sudah lengkap, ada jalur trekking, homestay, gardu pandang, camping ground maupun fasilitas untuk outbond. Selain itu kalibiru juga mempunyai area parkir yang cukup luas. Untuk homestay di kalibiru ini ada 6 buah homestay yang bisa anda gunakan, homestay ini mempunyai kapasitas antara 10 sampai 15 orang. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yakni 120 ribu per malam untuk 1 pondok.

Mungkin anda tertarik ?   Batu Ratapan Angin, Spot Menarik Menikmati Keindahan Telaga Warna

Kawasan yang terletak di perbukitan menoreh ini awalnya kalibiru merupakan hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat dan dikembangkan menjadi objek wisata alam sekaligus sebagai wisata edukasi. Keunggulan dari objek wisata kalibiru ini adalah jalur tekking dengan pemandangan yang mempesona. Anda juga bisa melepaskan kepenatan karena tekanan pekerjaan dengan berjalan-jalan di hutan kalibiru dengan suasana yang masih asri serta anda bisa mendengarkan suara burung-burung yang masih bebas berkeliaran di hutan kalibiru ini.

Objek wisata kalibiru ini menjadi booming dan menjadi viral oleh netizen karena foto yang diunggah ke instagram oleh selebritis yang berfoto diatas menara pandang sebuah pohon dengan berlatar belakang Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh. karena foto itulah wisata kalibiru ini menjadi wisata yang banyak diserbu wisatawan yang datang ke jogja untuk berlibur.

Mungkin anda tertarik ?   Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Sebenarnya menara pandang tersebut adalah tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru, namun kini menara pandang tersebut lebih sering digunakan untuk berselfie ria bagi wisatawan yang datang ke kalibiru. Karena lokasi menara pandang ini berada di atas pohon, maka wisatawan yang ini berpose harus menaiki tangga. Namun anda tidak perlu khawatir karena ada seorang penjaga yang akan membantu wisatawan yang akan naik.

Selain menara pandang yang berada diatas pohon, di kalibiru ini juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa anda capai dengan cara trekking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di beberapa tempat dengan pemandangan waduk sermo. Jika anda datang pada pagi hari anda bisa menyaksikan waduk sermo yang berselimutkan kabut.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)