paket wisata jogja terbaru

Liburan seru ke pantai sepanjang

Tuesday, January 26th 2016.

pantai sepanjang, kutanya jogja

Wisata Jogja Pantai Sepanjang

Jika anda suka berjemur layaknya bule yang datang ke indonesia, anda tak harus jauh-jauh pergi ke Pantai Kuta Bali, karena di pantai sepanjang ini anda bisa berjemur dengan santai karena dipantai ini suasanya lebih asri dibandingkan dengan pantai kuta. Dinamakan pantai sepanjang karena memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya yang masih terjaga dan ombaknya pun tergolong sedang sehingga anda bisa memilih untuk berjemur diatas pasir ataupun membelah ombak dengan papan selancar. Pantai Sepanjang ini letaknya dekat dengan pantai sundak.

Pantai sepanjang ini mempunyai suasana yang sangat alami, hal ini dikarenakan pantai sepanjang memang belum lama dibuka dan dikelola oleh pemerintah setempat. Bibir pantai sepanjang ini berhiaskan tumbuh tumbuhan palem dan gubuk-gubuk yang beratap daun kering. Dengan karangnya yang masih terawat dan warna biru air lautnya yang belum banyak tercemar maka pemerintah daerah dan investor gunung kidul berencana menjadikan pantai sepanjang ini sebagai pantai kutanya jogja.

Namun di pantai sepanjang ini anda tidak akan mendapatkan hal-hal klise seperti beach cafe maupun cottage mewah, di pantai sepanjang ini anda akan dibawa mendekat dengan alam, di pantai sepanjang ini anda akan menemukan kerang-kerangan dan bintang laut di bebatuan karang, selain itu anda bisa menemukan limpet di bebatuan sekitar pantai.

Selain keadaan alamnya yang masih alami, kearifan lokal masyarakat sekitar pantai sepanjang ini untuk menjaga alam yaitu dengan tidak adanya bangunan permanen di pinggir pantai, hanya ada beberapa gubug yang dibangun oleh masyarakat setempat. Masyarakat sekitar pantai sepanjang bermata pencaharian sebagai petani karenanya terdapat ladang yang ditanami kedelai maupun jagung.

Di pantai sepanjang ini ada juga situs bersejarah yakni Banyusepuh. Yang dalam bahasa jawa Banyu artinya air dan sepuh artinya membasuh. Namun Situs ini tidak akan diketahui keberadaanya jika anda tidak bertanya dengan warga setempat. Bayusepuh ini adalah tempat berupa mata air yang digunakan untuk membasuh atau memandikan, konon penggunanya adalah para wali yang akan membasuh pusakanya.

Gubuk-gubuk di pinggir pantai ini bisa menjadi tempat untuk beristirahat sambil memesan makanan atau minuman yang disediakan penduduk sekitar. anda bisa duduk-duduk di lincak (yaitu sebuah tempat duduk yang terbuat dari bambu) untuk ngobrol bareng teman sambil menikmati semilirnya angin pantai sambil menunggu senja tiba.

Di pantai sepanjang ini juga ada yang menjual cinderamata kerajinan tangan berbahan cangkang kerang sebagai oleh-oleh. bentuknya pun beragam seperti kreta kencana, barong, orang-orangan dll dengan harga yang relatif murah. Cangkang kerang jika berada di tangan yang ahli akan menghasilkan mahakarya yang keren.

Anda tertarik untuk berwisata ke pantai sepanjang ini? Jangan ragu akan keindahan alam yang sudah tuhan ciptakan.

Cara menuju ke pantai sepanjang

Jarak dari Yogyakarta ke lokasi pantai ini sekitar 25 km yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.

Rutenya :

Dari kota Yogyakarta – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur – Pintu masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Apabila anda akan pergi ke Pantai Sepanjang janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta.

sumber gambar : pesonagunungkidul.com

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru