paket wisata jogja terbaru

Menikmati indahnya Semburat senja di Pantai Kesirat

Tuesday, January 26th 2016.

pantai kesirat

Senja di Pantai Kesirat

Meskipun pantai ini tidak mempunyai pantai pasir putih seperti kebanyakan pantai-pantai di pesisir gunungkidul karena Pantai kesirat ini bertipe pantai tebing, sehingga dipantai ini wisatawan tidak disuguhi pasir putih maupun buih ombak yang menepi ke pantai, namun dipantai ini anda akan disuguhi suara-suara debur ombak yang pecah menabrak sisi-sisi karang yang keras serta keindahan lukisan semburat senja di ufuk barat yang begitu memikat.

Cara menikmati keindahan senja di pantai kesirat tentu saja anda harus datang pada saat sore hari ketika matahari sudah mulai condong ke barat. Untuk sampai ke pantai ini anda harus menyusuri jalanan bersemen. Di pantai ini ada sebuah pohon yang tumbuh di tepian tebing sehingga begitu mencolok dan menarik perhatian pengunjung pantai kesirat ini. Pohon ini mempunyai sebutan sebagai “pohon abadi”, nama populer yang disematkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Karena letaknya yang tersembunyi sehingga pantai ini belum terlalu ramai oleh wisatawan. Pantai ini lebih populer oleh kalangan penggemar rock fishing karena letak garis pantai kesirat yang langsung jatuh ke laut lepas dan jenis ikannya yang beragam sehingga di tempat ini dibangun pondokan sederhana dibagian sisi selatan pantai sebagai spot terbaik untuk memncaing ikan. Jika anda sedang beruntung maka anda bisa menyaksikan warga sekitar yang mencari ikan dengan cara “ngrendet“, ngrendet yaitu menebar jaring dari satu tebing ke tebing lainnya.

Di pantai ini konon tidak hanya ikan-ikan kecil saja yang ada di sekitar pantai ini, namun menurut para pemancing sering terlihat hiu tutul, paus maupun lumba-lumba ketika musim migrasi tiba.

Selain menawarkan keindahan senja dan populer sebagai spot untuk memancing, surga wisata tersembunyi di jogja ini juga merupakan tempat yang disakralkan oleh warga setempat. Sehingga di pantai kesirat ini ada upacara ngalap berkah atau brubuh-brubuh. Tradisi ini melestarikan kebudayaan lokal masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon secara sembarangan, boleh menebang pohon hanya ketika musim padi mulai menguning. Tradisi ini sebagai simbol ucapan syukur kepada sang pencipta untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Tebing pantai yang menhadap ke ufuk barat menjadi spot yang tepat untuk melihat sang surya kembali ke peraduan, seolah tenggelam ke dasar lautan, senja di pantai kesirat membuat siapa saja yang melihatnya tidak mau beranjak pergi dari tempat ini. Keindahan senja dengan gradasi warna kuning terang hingga biru pekat ciptaan tuhan itu semakin menghilang seiring datangnya malam.

Cara menuju ke pantai kesirat:

Dari Kota Jogja – Jalan Imogiri Barat – Jalan Siluk – pohon beringin yang cukup besar, belok kanan menuju arah Pantai Gesing – Pasar Pandhem belok kanan – pertigaan jika ke kiri ke Pantai Gesing, lurus sekitar 200 meter – masjid di kiri jalan, belok kiri – Pantai Kesirat

Apabila anda akan pergi ke Pantai Kesirat janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta.

sumber gambar : blogdolan.wordpress.com

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru