Museum Gunung Merapi, Wisata edukasi mengenal lebih dekat Gunung Merapi

Monday, March 14th 2016.

museum gunung merapi

Museum Gunung Merapi

Di museum gunung merapi ini menyimpan kenangan tiap letusan gunung merapi sebagai perekam jejak, sehingga bisa dipelajari oleh generasi selanjutnya sebagai pelajaran yang berharga agar selalu waspada bila gunung merapi sewaktu-waktu memuntahkan material dari dalam perutnya. Museum ini pertama kali diresmikan pada tahun 2010.

museum gunung merapi yogya

Kita tentunya ingat akan dahsyatnya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 yang lalu, letusan yang mampu meluluh lantakkan apa saja yang dilaluinya. namun bagi anda yang belum tahu seperti apa kejadiannya, alangkah baiknya jika anda mencari tahu di Museum Gunung Merapi.

museum gunung api

Lokasi Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi ini berada di jalan kaliurang Km 22, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem Kabupaten Sleman. Bentuk museum ini berbentuk trapezium sehingga sangat mencolok dan mudah dikenali. Jika anda pengen merasakan bagaimana suasana pada waktu terjadi erupsi, ada baiknya anda mencoba menekan tombol yang ada di dalam museum maka akan terdengarlah suara gemuruh yang membuat bulu kuduk merinding.

Mungkin anda tertarik ?   Rekomendasi Tempat Wisata Di Bayuwangi Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Penampakan secara visual juga akan terlihat, dimulai dengan aliran awan panas sampai terjadinya erupsi merapi. Mayoritas koleksi yang ada di museum merapi ini berkaitan erat dengan peristiwa letusan tahun 2006. Namun ada juga batuan yang berasal dari letusan merapi tahun 1930.

Di museum ini para pengunjung akan dibawa ke masa lalu, seolah berada dalam suasana yang mencekam serta menakutkan dengan adanya koleksi berbagai foto yang diambil dari masa ke masa terjadinya erupsi gunung merapi.

Di bagian lain di lantai dua museum merapi ini terdapat 9 tipe benda koleksi dan alat peraga yang akan membantu pengunjung museum untuk memberi gambaran secara lebih detail mengenai peristiwa yang terjadi dulu. Alat tersebut berupa display letusan dan erupsi merapi, lorong peraga, simulasi LCD dll. Selain itu di lantai 2 ini terdapat juga simulasi gempa dan simulasi tsunami.

Mungkin anda tertarik ?   Pantai Ngeden, Pantai cantik yang masih perawan

Berkunjung ke museum merapi ini selain berwisata, kita juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang ilmu bumi. Setelah puas berkeliling museum ada baiknya jika anda melihat film yang berjudul Mahaguru Merapi. Sebuah film yang mengajarkan kepada kita supaya senantiasa menjaga kearifan lokal dengan bersahabat dengan alam. Jangan sampai alam marah akibat tindakan kita yang merusak alam dan pada akhirnya akan menimbulkan bencana.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)