paket wisata jogja terbaru

Museum Ullen Sentalu, Tempat Belajar Sejarah Budaya Jawa

Thursday, February 11th 2016.

museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu

Nama Ullen Sentalu ini berasal dari singkatan dalam bahasa jawa yaitu : “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”  yang jika diartikan dalam bahasa indonesia kira-kira adalah “Nyala lampu blencong sebagai petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini berasal dari Lampu minyak yang dalam bahasa jawa disebut blencong yang digunakan dalam pagelaran wayang kulit.

Museum Ullen Sentalu ini terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Di Museum ini tersimpan rapi berbagai koleksi yang bernilai historis mengenai budaya jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Karena letaknya yang berada di kaki gunung Merapi, anda akan disuguhkan suasana yang sejuk dengan dikelilingi pohon yang tumbuh rimbun serta arsitekturnya yang menawan.

Jika anda datang berkunjung ke museum Ullen Sentalu ini, anda akan dipandu oleh guide yang berpengalaman yang akan menjelaskan secara rinci mengenai koleksi-koleksi yang ada di museum ini sehingga menambah nilai edukasinya. Jadi berkunjung ke museum Ullen Sentalu ini selain refresing, wisatawan juga bertambah wawasannya tentang sejarah budaya jawa.

Koleksi di museum Ullen Sentalu ini terbagi dalam beberapa ruang, yaitu Ruang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan. Kemudian Guwo Selo Giri yakni ruang pameran lukisan tokoh-tokoh yang mewakili Empat Figur Dinasti Mataram. Selanjutnya yaitu Kampung Kambang ruang ini terbagi lagi menjadi 5 ruang yang memperlihatkan koleksi syair, batik hingga album hidup dari Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani. Dan yang terakhir yaitu Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa.

Setelah selesai mengikuti tour keliling musem ullen sentalu, anda bisa beristirahat sejenak untuk menikmati hidangan lezat  Lobster Thermidor, Breaded Chicken Tender, dan Glazed Lamb Rack di Restoran Beukenhof yang berarsitektur gothic. Sajian lezat berpadu dengan tempat yang indah, serta alam sekitar yang masih asri dan sejuk jadilah kombinasi yang sempurna untuk melewatkan liburan akhir pekan anda bersama keluarga maupun rekan-rekan.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

PENGUNJUNG DOMESTIK
DEWASA IDR 30,000
ANAK (5-16) IDR 15,000
PENGUNJUNG MANCANEGARA
DEWASA IDR 50,000
ANAK (5-16) IDR 30,000

Tips Jika Anda Akan Berkunjung Ke Museum Ullen Sentalu

Jika anda datang berombongan, disarankan agar melakukan reservasi terlebih dahulu, supaya rombongan anda mendapat prioritas dalam tour.

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Senin: tutup
Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.30 – 17.00 WIB

Apabila anda akan pergi berkunjung ke museum Ullen Sentalu janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke museum Ullen Sentalu, Sleman, Yogyakarta.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru