paket wisata jogja terbaru

Yuk, Ramaikan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang akan segera hadir

Tuesday, January 24th 2017.

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) XII

Untuk memperingati tahun baru implek, event tahunan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta kembali hadir dengan mengusung tema “Pelangi Budaya Nusantara”. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PBTY XII ini dipusatkan di Kampung Ketandan yang berada di sebelah utara pasar Beringharjo, yang memang sudah terkenal sebagai daerah pecinannya Yogyakarta.

Untuk event PBTY XII kali ini dalam pelaksanaannya lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya karena akan digelar selama seminggu penuh. Info dari ketua pelaksana Lie Sioe Fen, pada gelaran Pekan Budaya Tionghoa kali ini akan ada beberapa tambahan agenda, salah satunya ikut andilnya Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dalam event kali ini yang mengusung keberagaman budaya di yogyakarta.

pekan budaya tionghoa

Cara Menuju ke Kampung Ketandan

Kampung Ketandan merupakan saksi sejarah akulturasi antara budaya Tionghoa, keraton dan warga Yogyakarta. Letaknya yang berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Suryatmajan, Jalan Suryotomo dan Jalan Los Pasar Beringharjo. Anda bisa dengan mudah mengunjungi kampung Pecinan ini karena letaknya yang strategis di tengah kota, yaitu di sisi selatan kawasan Malioboro.

Jadwal Acara Pekan Budaya Tionghoa 2017

Acara PBTY XII kali ini akan digelar pada tanggal 5-11 Februari 2017. Dalam gelaran tahun ini ada sedikit perubahan yaitu acara karnaval yang biasanya dilaksanakan pada akhir, pada tahun ini dirubah jadwalnya menjadi pada saat pembukaan yang dipusatkan di Kampung Ketandan. Karnaval dengan rute dari Malioboro sampai Alun-Alun Utara pada pembukaan PBTY akan diikuti 1.200 orang dari 24-28 kelompok kesenian, baik kesenian Tionghoa maupun Nusantara.

PBTY XII ini mengambil tema “Pelangi Budaya Nusantara” yang akan menampilkan budaya nusantara mulai dari Kalimantan, Bima, Sulawesi dan Papua secara bergantian selama seminggu penuh. Selain itu budaya dari tiongkok yang diwakili dari HAKA dan PITI juga akan ikut ambil bagian dalam rangka memeriahkan pekan budaya kali ini.

Atraksi-atraksi unggulan yang menarik telah disiapkan, antara lain akan menghadirkan naga transparan, aneka kuliner, serta seniman-seniman tari internasional dari Jepang dan India.

Dalam Pekan Budaya Tionghoa 2017 mempunyai maskot Ayam Api ini memberi porsi lebih kepada budaya Nusantara. Itu dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah mewujudkan keberagaman dan memelihara NKRI.

So, buat anda yang kebetulan sedang berlibur ke jogja jangan sampai terlewat salah satu wisata budaya di jogjakarta  yang oke punya lho!

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru