paket wisata jogja terbaru

Puncak Kosakora yang pernah ngehits untuk foto selfie

Monday, March 28th 2016.

Puncak Kosakora

puncak kosakora

Kekuatan dari sosial media memang ampuh, banyak objek wisata di jogja ini yang dulunya belum terkenal namun semenjak foto-foto tersebut diunggah ke media sosial semisal instagram, facebook atau path. Banyak traveler yang penasaran dan mencari tahu lokasinya dimana, maka tidak heran objek wisata jogja seperti kalibiru di kulonprogo dan bukit kosakora pun menjadi trending topik di kalangan pecinta traveler.

Puncak kosakora adalah sebuah bukit yang menyajikan pemandangan elok nan menawan, yang berada di kabupaten gunungkidul jogjakarta. Dari puncak kosakora ini traveler dapat melihat kokohnya perbukitan karst, pemandangan pesisir pantai, melihat sunrise ataupun sunset dari atas puncak kosakora ini. Dengan tiket yang relatif sangat murah untuk bisa menikmati keindahan alam ciptaan tuhan yang maha esa ini yang wajib untuk kita jaga kelestariannya.

Rute untuk menuju Puncak Kosakora

Rutenya adalah melalui Pantai Drini, melewati jalan yang menanjak menaiki bukit kemudian menyusuri turunan dan sampailah anda di padang sabana yang masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan “Lemah Sangar” karena di lahan tersebut anda tidak akan menemui bangunan sama sekali, yang ada hanyalah rumput dan tanaman pandan pantai.

Dari padang sabana tersebut, anda sudah bisa melihat puncak kosakora dan pantai ngrumput. Menurut mitos masyarakat sekitar kosakora, padang sabana tersebut merupakan tanah yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar kosakora, jadi jangan buang sampah sembarangan ya kalau berkunjung kemari. Setelah melewati padang sabana di pantai ngrumput, anda akan memasuki rimbunan pandan pantai melalui jalan setapak yang sudah dibuat oleh masyarakat sekitar Kosakora.

Anda harus berhati-hati karena jalan yang akan anda lalui masih alami dan banyak terdapat bebatuan. Gunakanlah sepatu atau sandal gunung agar tidak terpeleset atau tersandung ketika trekking. Selama perjalanan anda akan melihat pemandangan kebun milih warga sekitar kosakora.

Waktu yang ditempuh untuk sampai ke puncak Kosakora sekitar 20 menitan. Di puncak kosakora ini sudah disediakan tempat duduk yang terbuat dari kayu, selain itu untuk melepas lelah sejenak anda bisa mampir di kedai kecil untuk membeli makanan atau minuman jika anda lupa membawa bekal.

Tips jika anda berkunjung ke puncak kosakora :

  1. Jika anda mau kemping atau bermalam disini, disarankan agar tidak membuat api unggun karena dapat merusak rumput
  2. Disarankan untuk membawa lampu led portabel atau membawa sentir agar tidak meninggalkan sisa-sisa pembakaran
  3. Gunakanlah sandal gunung atau sepatu karena jalan yang masih alami dan licin jika musim hujan
Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru