Serunya Naik Gondola di Pantai Timang

Friday, March 18th 2016.

pantai timang gunung kidul

Pantai Timang Gunungkidul

Pantai-pantai di jogjakarta yang pesonanya indah adalah pantai yang terletak di pesisir pantai gunungkidul. Salah satu pantai yang indah adalah Pantai Timang, selain menawarkan keindahan alamnya namun juga menawarkan pengalaman seru dengan naik gondola yang menguras adrenalin anda.

Pantai Timang ini terletak di dusun Danggolo, Desa Purwodadi Kecamatan Tepus yang secara administratif masuk daerah kabupaten gunungkidul. Jarak dari wonosari sekitar 35 kilometer, jarak yang lumayan jauh apalagi kalau anda datang dari pusat kota jogja. Meskipun jaraknya jauh namun anda dijamin tidak akan menyesal, melihat keindahan deburan ombak pantai timang.

Selain keindahan pantainya, pantai timang ini juga mempunyai sesuatu yang unik serta menantang bagi traveler yang mengunjunginya. Traveler ditantang untuk membuktikan nyalinya dengan menyeberang ke pulau karang yang berombak besar hanya dengan menggunakan gondola tradisional yang digerakkan oleh tenaga manusia.

Mungkin anda tertarik ?   Serunya Snorkeling di Pantai Nglambor Jogjakarta

Gondola ini ditarik dari dari bibir pantai timang menuju sebuah pantai karang kecil yang bernama pulau watu panjang. Namun anda jangan berpikir jika gondolanya seperti yang ada di luar negeri yak, karena gondola ini hanya terbuat dari kayu dengan tali penghubung yang berupa tali tambang saja. Penggunaan tali tambang ini dirasa lebih kuat menghadapi korosi yang disebabkan oleh air laut dibandingkan jika sling yang terbuat dari besi / baja.

Biasanya gondola ini dimanfaatkan oleh nelayan setempat untuk berburu lobster. Awalnya untuk menyebrang menggunakan gondola ini gratis, namun melihat potensi yang ada kemudian warga mengkomersialkannya. Bagi yang mempunyai nyali yang lebih silahkan anda mencoba wahana ini, dijamin anda mendapat pengalaman yang seru

Mungkin anda tertarik ?   Hunting Foto Prewed di Hutan Pinus Mangunan

Cara  menuju Pulau Timang Gunungkidul

Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Rutenya melalui Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.

Tips Berlibur ke Pantai Timang

Sebaiknya anda membawa bekal yang cukup, anda bisa membawa dari jogja atau di wonosari karena masih mudah menemukan minimarket sehingga anda tidak akan kelaparan dan kehausan saat perjalanan menuju pantai timang. Buat anda yang takut nyasar, manfaatkan fasilitas GPS dengan koordinat pantai S8°10’36” E110°39’44” (-8.1760078,110.6652895) dan jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar jika memang diperlukan.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)