paket wisata jogja terbaru

Spot terbaik untuk melihat sunrise di punthuk setumbu

Monday, May 9th 2016.

Golden Sunrise Punthuk Setumbu

Di bukit yang dinamakan Punthuk Setumbu ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise yang terbit dari balik gunung merapi sekaligus melihat siluet candi borobudur pada pagi hari. Candi borobudur yang terbungkus kabut, berpadu sinar mentari pagi sungguh kombinasi yang dahsyat untuk selalu mensyukuri keindahan alam yang telah tuhan ciptakan.

wisata alam punthuk setumbu

Untuk sampai ke atas bukit punthuk setumbu yang mempunyai ketinggian sekitar 400mdpl ini anda bisa memilih dengan berjalan kaki, naik sepeda atau dengan naik ojek. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada waktu musim kemarau, dimana hujan atau mendung tidak menghalangi pandangan.

Supaya tidak ketinggalan moment menikmati sunrise, anda sebaiknya sudah sampai di puncak pada pukul 04.30 pagi. Dengan datang lebih pagi anda bisa memilih tempat yang nyaman, serta mempunyai persiapan yang cukup untuk mengabadikan momen tersebut.

Sesampainya anda di puncak punthuk setumbu, sejauh mata memandang akan terlihat hamparan lembah kebiruan yang berselimutkan kabut. Siluet Candi Borobudur ditengah lautan kabut terlihat kecil bila dibandingkan dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya.

Perlahan namun pasti, kabut memudar dan semburat cahaya mulai muncul menerpa candi borobudur, menghadirkan pemandangan yang luar biasa. Seringkali wisatawan yang datang ke tempat ini menyebutnya dengan Nirvana Sunrise.

Koordinat lokasi Punthuk Setumbu:

S 7°36’25.5″ E 110°10’39”

Lokasi:

Punthuk Setumbu ini berada di dusun Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Untuk sampai ke lokasi ini jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari candi borobudur. Arahnya dari depan Hotel Manohara, ambil belok kanan masuk jalan tengah desa. Ikuti saja sampai ketemu dusun Kurahan. Di sana sudah banyak menunggu guide lokal yang akan memandu anda sampai ke lokasi.

Punthuk setumbu ini pengelolaannya oleh warga sekitar. Mereka menyediakan beberapa penginapan yang disediakan untuk wisatawan supaya tidak kesiangan dalam berburu sunrise. Tempat wisata ini terbuka untuk umum, namun yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga kelestarian alam dan tidak membuang sampah sembarangan.

punthuk setumbu borobudur

Tips wisata di Punthuk Setumbu:

  • Jauh dekat penginapan dengan spot untuk menikmati sunrise perlu anda perhatikan dengan waktu tempuh supaya tidak keduluan sunrise. Usahakan jam 04.30 sudah sampai di lokasi atau lebih pagi.
  • Jika anda memilih untuk ngecamp di punthuk setumbu, pastikan anda sudah mendapatkan ijin dari pengelola setempat
  • Waktu yang paling tepat untuk menikmati sunrise di punthuk setumbu ini adalah pada waktu musim kemarau dan cuaca cerah. Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa karena pemandangannya sungguh sangat indah.
  • Untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus, anda bisa memilih waktu dimana posisi terbit matahari searah diantara Merbabu dan Merapi dan Letak Candi Borobudur (antara bulan Juni-Juli)
Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru