Taman Sungai Mudal, Wisata Air Di Kulonprogo

Tuesday, February 9th 2016.

Taman Sungai Mudal

taman sungai mudal

Taman Sungai Mudal ini sumber airnya berasal dari mata air di kawasan Girimulyo. Sumber air mudal ini selalu memancarkan air sepanjang tahun yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber air bersih. warga mengambil air dari mata air ini melalui pipa-pipa. Objek wisata Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut airnya juga berasal dari mata air mudal ini karena masih sejalur.

Tepian Sungai Mudal yang panjangnya sekitar 600 meter ini disulap menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Dulunya daerah aliran sungai ini terbengkalai dan lebat dengan semak belukar, dan yang membuat menarik hanyalah Air Terjunnya saja, itupun hanya bisa dinikmati waktu musim hujan karena pada saat musim kemarau debit airnya kecil. Sekarang kawasan taman sungai mudal ini dikelola oleh pokdarwis. Di tempat ini terdapat kolam alami yang merupakan aliran sungai yang dibendung sehingga bisa untuk berendam, berenang maupun sekedar bermain air. Di sepanjang bantaran kolam ini ditanami berbagai jenis bunga, selain itu para pengunjung juga bisa menyumbangkan benih tanaman atau bunga melalui program “Trees of Hope” yakni sebuah program sebagai usaha untuk pelestarian lingkungan dengan cara benih yang sudah disumbangkan akan ditanam di Taman Sungai Mudal ini.

Mungkin anda tertarik ?   Keunikan Pantai Watulawang Gunungkidul

Di area ini terdapat juga tempat untuk camping dengan background tebing batu Gunung Kelir.  Konon menurut cerita yang sudah turun temurun asal mula nama gunung kelir  dikarenakan tebing batu tersebut merupakan tempat pagelaran wayang pada jaman para wali. Tebing batu gunung kelir ini juga membuat taman sungai mudal ini menjadi teduh dan jika anda sedang beruntung, anda akan melihat kera ekor panjang yang akan menuruni tebing ini untuk mencari makan.

Bagi anda pecinta wisata adventure, anda bisa melakukan rappeling dan water canyoning di Air Terjun Mudal. Anda bisa menghubungi pokdarwis setempat jika anda ingin camping, rappeling ataupun water canyoning

Cara menuju ke Taman Sungai Mudal Kulonprogo:

Dari Kota Jogja – P4an Demak Ijo – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – pertigaan belok ke kanan ke arah Gua Kiskendo – – Gua Kiskendo – Pertigaan Gua Kiskenda lurus – pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – ikuti petunjuk ke arah Taman Sungai Mudal

Mungkin anda tertarik ?   Mengeksplore keunikan panorama alam Telaga Warna Dieng

Apabila anda akan pergi ke Taman Sungai Mudal Kulonprogo janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Taman Sungai Mudal, Kulonprogo, Yogyakarta.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)