Wisata Keraton Jogja Yang Hits Dan Menawan

Friday, September 16th 2016.

Wisata Keraton Jogja

Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai keraton jogja? Berikut kami akan memberikan beberapa informasi mengenai wisata keraton jogja yang bisa menjadi bahan referensi bagi anda sebelum mengunjungi keraton jogja. Keraton jogja merupakan istana yang resmi bagi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang sekaligus sebagai tempat tinggalnya sultan. Selain sebagai istana dan tempat tinggal sultan, keraton jogja juga merupakan salah satu wisata yang paling sering diminati oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Disekitar keraton juga terdapat kompleks yang dijadikan museum penyimpanan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh kesultanan yang diantaranya yaitu replica pusaka, gamelan, dan kereta kencana.

keraton jogja

keraton yogyakarta

Rute mencapai wisata keraton jogja

Lokasi wisata keraton jogja sangatlah mudah untuk dijangkau karena letaknya berada di pusat dari kota Jogjakarta. Banyak rute untuk mencapai keraton jogja yang bisa mengantarkan anda menuju keraton jogja. Bagi anda yang berasal dari Wonosobo atau Semarang, anda bisa mengikuti rutenya dari Ungaran, Ambarawa, magelang, dan melewati beberapa jalan diantaranya Jl magelang-jogja, melintasi terminal Jombor, dan melewati Jl. Diponegoro atau lebih tepatnya dari Tugu Jogja kemudian belok ke kanan ke arah Jl. Mangkubumi , Jl. Malioboro, Jl. Ahmad Yani, Jl. Senopati, Jl. Brigjend Katamso, Jl. Ibu Roswo, Jl. William, Jl. Kesatriyan, dan sampailah anda di Keraton Jogja. Tetapi jika anda dari arah Solo, kebumen dan klaten rute jalan yang bisa anda lewati memiliki beberapa kesamaan dengan rute sebelumnya, tetapi yang berbeda yaitu ketika anda masuk ke kota jogja. Tetapi anda tidak perlu bingung untuk mencapai keraton jogja karena di jalan telah tersedia plang yang bisa membantu anda mencapai keraton jogja.

Mungkin anda tertarik ?   5 Spot Wisata Jogja Backpaker yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Wisata yang bisa anda nikmati

Banyak aktifitas yang bisa anda nikmati di dalam wisata keraton jogja bersama teman, kerabat, atau keluarga tercinta. Banyak hal yang menarik dari keraton jogja, mulai dari sejarah berdirinya keraton jogja dan juga peninggalan bersejarah milik kerajaan. Anda juga bisa berfoto atau selfi dengan background pemandangan yang berasal dari keraton beserta dengan peninggalan yang dijadikan museum. Selain sejarah dan berfoto ria, anda juga bisa menyaksikan pagelaran seni yang memang telah disediakan bagi anda para pengunjung keraton. Pagelaran seni tersebut dilakukan oleh para abdi dalem keraton dengan mengenakan pakaian adat keraton Jogjakarta.
Ketika anda sudah memasuki wisata keraton jogja, anda akan menemukan banyak sekali keindahan yang diperlihatkan oleh keraton Ngayogyakatra. Seperti salah satu warisan jawa atau bisa kita sebut batik, tetapi ketika anda memasuki area batik anda dilarang untuk mengambil gambar karena motif dari batik tersebut merupakan simbol-simbol istana jawa dan dalam mencetaknya hanya boleh dikenakan di area istana saja. Didalam keraton juga dipasang berbagai barang antik, seperti gamelan keris,kereta kencana dan lainnya yang berada di area museum.

Mungkin anda tertarik ?   Prawiro Coffee Festival 2017

Kenyamanan fasilitas umum keraton jogja

Ketika anda mengunjungi sebuah tempat bersejarah pastinya anda akan merasakan nyaman atau tidaknya berdasarkan fasilitas yang disediakan. Keraton jogja menyediakan fasilitas umum lumayan bagus yang bisa diakses oleh para pengunjung, sehingga anda akan merasa puas dan nyaman berlama-lama di keraton jogja. Fasilitas umum yang nyaman dan bisa anda manfaatkan diantaranya yaitu tempat parkir kendaraan yang pastinya banyak titik parkir yang bisa anda akses mulai dari parkir di area Masjid Agung baratnya alun-alun utara atau bisa juga di bagian timur alun-alun utara. Tersedia juga tempat ibadah di Masjid Gedhe Kauman sebelah baratnya alun-alun Keraton Yogyakarta, tempat makan yang menyediakan banyak makanan diantaranya gudeg yang merupakan khas jogja, atau anda juga bisa mencari makanan di malam hari di daerah malioboro yang banyak sekali berbagai macam makanan yang bisa membuat anda kenyang.
Setelah puas menikmati keindahan keraton jogja dan berburu makanan di sekitaran malioboro tentunya anda merasa capek, lelah, dan membutuhkan tempat untuk istirahat. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir karena banyak ditawarkan homestay ataupun hotel di sekitar keraton dan juga di daerah malioboro. Sebelum anda kembali pulang setelah melakukan wisata, pastinya anda akan membeli beberapa oleh-oleh untuk orang terkasih. Banyak ditawarkan cinderamata dan souvenir ciri khas jogja yang bisa anda peroleh atau juga bisa makanan khas jogja dengan yang tentunya memiliki harga yang ramah dikantong.

Mungkin anda tertarik ?   Bukit Sikunir, Golden Sunrise Terbaik di Jawa

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)