Berburu pernak-pernik gerabah di Kasongan

Thursday, June 16th 2016.

pot gerabah kasongan

Industri Gerabah Kasongan

Kasongan merupakan salah satu desa wisata di kabupaten Bantul. Di Kasongan ini terkenal akan kerajinan gerabah keramiknya. Sentra industri kerajinan gerabah kasongan ini berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul. Untuk sampai ke lokasi ini yang berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota jogja ke arah selatan, anda bisa melalui jalan Jogja-Bantul dan perhatikan sebelah kanan jalan ada gapura besar bertuliskan “Kasongan” dan bisa ditempuh kurang lebih 20-30 menit dari kota jogjakarta.

Hasil kerajinan dari gerabah yang diproduksi disini pada umumnya berupa guci dengan bermacam motif seperti (burung merak, naga, bunga mawar dan motif lainnya), pot berbagai ukuran (dari yang ukurannya kecil sampai pot yang seukuran bahu orang dewasa), barang souvenir, pigura, hiasan dinding dan perabotan rumah tangga seperti meja dan kursi.
gerabah kasongan

Lambat laun produk gerabah dari kasongan ini terus berkembang dan bervariasi. Karena produk yang dihasilkan berkualitas bagus sehingga banyak hasil kerajinan tersebut diekspor ke mancanegara seperti daratan Eropa dan Amerika.

Mungkin anda tertarik ?   Catat Tanggalnya, Festival Durian Jogja di Rooftop Lippo Plaza

Sejarah Awal Mula Gerabah di Kasongan

Awal mulanya daerah ini merupakan tanah persawahan milik penduduk desa di selatan Jogjakarta. Pada masa penjajahan belanda di Indonesia dulu ditemukan seekor kuda yang mati di area persawahan milik salah satu warga. Kuda tersebut diperkirakan milik seorang pejabat Belanda. Karena pada masa itu adalah masa penjajahan Belanda, maka warga yang mempunyai tanah tersebut kemudian menjadi takut dan segera melepas hak tanahnya supaya tidak dituntut oleh Belanda.

Ketakutan serupa juga terjadi pada pemilik tanah disekitar tempat kejadian sehingga banyak tanah yang tak bertuan sehingga situasi ini kemudian dimanfaatkan oleh penduduk desa lain dengan mengakui tanah kosong tersebut. Penduduk yang sudah melepas hak tanahnya tersebut pun kemudian beralih profesi menjadi pengrajin keramik yang pada awalnya hanya mengepal-ngepalkan tanah yang tidak pecah bila disatukan.

Mungkin anda tertarik ?   4 Destinasi Wisata Eksotis Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Barang yang dihasilkan pun dulunya hanya mainan anak-anak dan perabot dapur saja, namun karena ketekunan dan keuletan serta tradisi yang sudah turun temurun menjadikan Kasongan menjadi sebuah Desa Wisata yang cukup terkenal karena kerajinan gerabah keramiknya.

Sentuhan Desain Modern

Mulai tahun 1971-1972, di Desa wisata kasongan ini mengalami kemajuan yang cukup bagus dan pesat. Hal ini karena campur tangan Bapak Sapto Hudoyo, seorang seniman besar Jogjakarta yang membantu mengembangkan Desa Wisata ini dengan cara membina para pengrajin gerabah untuk memberikan sentuhan seni sehingga akan meningkatkan nilai komersial dari produk yang dihasilkan. Hasilnya yakni gerabah menjadi tidak membosankan modelnya dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Saat ini nama Kasongan lebih terkenal bila dibandingkan dengan nama Desanya yaitu desa Bangunjiwo. Di kasongan ini kita dapat menemukan ribuan keramik dengan berbagai jenis bentuk dan ukuran hasil dari 300 orang pengrajin yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja sehingga membuat sentra kerajinan gerabah ini mampu menembus pasar internasional. banyak showroom yang berjajar rapi di kiri kanan jalan yang berpadu dengan workshop para pengrajin, dimana pengunjung bisa langsung ikut praktek membuat keramik. Selain itu Festival Kasongan juga selalu rutin diadakan setiap tahunnya sehingga membuat Kasongan menjadi sebuah desa wisata yang berkesan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Mungkin anda tertarik ?   Pesta Rakyat Bernama Sekaten Jogja 2017

Buat para pecinta barang seni ayo buruan berkunjung ke sini. Di Kasongan yang merupakan surganya kerajinan gerabah keramik merupakan salah satu kekayaan nusantara yang wajib untuk dijaga. Cintailah produk lokal indonesia, dengan membeli produk lokal berarti anda ikut melestarikan produk lokal supaya bisa tetap bisa eksis.

Tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Kasongan dengan kerajinan gerabah keramiknya? JPS Wisata siap untuk mendampingi anda tour liburan jogja.