Bukit Panguk Kediwung, Pesona Negeri Diatas Awan

Thursday, December 29th 2016.

Menikmati pagi dari atas bukit Panguk Kediwung akan sangat mempesona, bagaimana tidak istimewa, pemandangan lautan kabut putih dapat anda nikmati jika datang pada waktu yang tepat. Perlahan muncul cahaya sang surya menyapu kabut putih dan kemudian terlihat jelas pemandangan sungai oya yang meliuk bagai ular di tengah perbukitan hijau. Itulah pemandangan yang akan anda dapatkan bila datang disaat yang tepat kala pagi buta dan cuaca tidak mendung,

Pesona Negeri di Atas Awan dari Bukit Panguk Kediwung

Menikmati pagi di tempat ini akan semakin syahdu dengan berdiri di gardu pandang atau anjungan kayu yang sudah disediakan oleh pengelola. Gardu pandang ini dibangun diatas tebing, ada beberapa anjungan disediakan untuk pengunjung yang biasanya digunakan untuk hunting foto.

Selain pemandangan sunrise nan elok, di Bukit Panguk Kediwung ini juga biasa digunakan untuk lokasi foto landscape atau tempat prewed. Dengan background lautan kabut berbaur cahaya mentari pagi, pasti banyak yang mengira fotomu tersebut diambil dari negeri diatas awan.

Mungkin anda tertarik ?   Telaga Biru yang Indah nan Unik di Gunung Kidul

Objek wisata Bukit Panguk Kediwung di jogja ini masih tergolong baru karena pada pertengahan Mei 2016 baru diresmikan oleh warga. Jadi ga usah heran jika fasilitas yang ada masih belum terlalu komplit, fasilitas yang sudah ada seperti area parkir dan warung makanan. Jadi sembari menunggu mentari yang terbit, anda bisa memesan kopi untuk menghangatkan badan atau sekadar memesan pop mie untuk mengganjal perut

bukit panguk kediwung

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung ini sesuai namanya berada di dusun Kediwung, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Letaknya hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari objek wisata kebun buah mangunan. Rute untuk sampai ke tempat ini cukup mudah, anda tinggal menyusuri Jl. Imogiri Timur ke arah Dlingo menuju Kebun Buah Mangunan. Setelah itu anda tinggal ikuti saja jln menuju Dusun Kediwung, tak perlu khawatir jika sampai tersesat karena memang sudah banyak plang plang petunjuk arah baik menuju kebun buah mangunan atau ke arah bukit Panguk Kediwung.

Mungkin anda tertarik ?   Wahana air seru di waterpark alami kedung pedut

Karena tergolong objek wisata baru di jogja, maka untuk akses jalan menuju ke sana masih belum baik. Anda akan menemui jalanan yang meliuk, mampu memacu adrenalin dan nyali. Turunan dan tanjakan curam akan anda lewati setelah imogiri, oleh karenanya tidak disarankan bila belum mahir menguasai kendaraan, baik roda dua maupun menggunakan mobil.

Meskipun jalan yang berliku harus ditempuh, semuanya akan terobati dengan sensasi yang akan anda rasakan ketika melihat pesona keindahan bukit panguk kediwung.

puncak bukit panguk kediwung

Harga Tiket Bukit Panguk Kediwung

Untuk saat ini belum ada tiket khusus yang harus dibayar oleh wisatawan yang datang. Namun anda bisa mendonasikan uang seiklasnya yang bisa digunakan untuk memperlengkap fasilitas, sarana dan prasarana agar pengunjung lebih nyaman.

Tips Berwisata ke Bukit Panguk Kediwung

  • Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke bukit panguk kediwung adalah waktu pagi hari sebelum matahari muncul, karena pada waktu tersebut anda bisa melihat lautan kabut seperti awan di pegunungan. Bila pada musim hujan biasanya kabut akan semakin tebal, namun bila anda datang pada musim kemarau kabutnya hanya akan terlihat samar saja.
  • Jika anda menghendaki suasana tidak terlalu ramai, hendaklah datang bukan pada saat waktu liburan atau weekend. datanglah pada weekdays karena pada waktu tersebut bukit panguk kediwung tidak terlalu ramai sehingga anda bisa puas selfie atau hunting foto landscape dari anjungan kayu yang sudah disediakan.
  • Gunakan pakaian yang berwarna ngejreng agar kontras dengan background landscape yang didominasi warna hijau dan putih. Warna terbaik adalah warna merah cerah, coba saja kalau tidak percaya hasilnya pasti memuaskan.
  • karena jalanan menuju bukit panguk kediwung lumayan berliku dan belum terlalu baik jalannya, pastikan anda sudah mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi prima. selain itu skill dan nyali extra juga perlu anda siapkan, berhati-hatilah dalam berkendara dan jangan ugal-ugalan, utamakan safety riding
Mungkin anda tertarik ?   Curug Sidoharjo, Samigaluh Kulonprogo