paket wisata jogja terbaru

Cahaya Surga dari Goa Jomblang Gunungkidul

Friday, March 18th 2016.

Goa Jomblang Gunungkidul

cahaya surga goa jomblang

Jika anda menyukai petualangan atau tantangan maka Goa Jomblang yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini patut anda coba untuk explore. Goa Jomblang yang merupakan goa vertikal ini mempunyai hutan purba yang rapat didalamnya. Namun yang menjadi daya tarik utama adalah menelusur, melihat serta mengabadikan cahaya yang turun secara tegak lurus menembus kegelapan goa, yang sering disebut “Cahaya Surga”.

Akses menuju Goa Jomblang dari pusat kota jogjakarta memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 50 kilometer. Anda bisa memilih menggunakan angkutan umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Letak Goa Jomblang

Goa Jomblang ini terletak pada perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari gombong jawa tengah hingga kawasan karst Pegunungan sewu, Pacitan Jawa Timur. Goa vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk karena ribuan tahun yang lalu tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya ambles ke dasar bumi akibat dari proses geologi.

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Air Terjun Jogja Yang Menarik

Akibat dari peristiwa alam tersebut akhirnya membentuk “sinkhole” atau sumuran menganga, namun masyarakat sekitar menyebutnya “luweng”. Diameter luweng jomblang ini mempunyai diameter 50 meter.

Cara Masuk Luweng Jomblang

Untuk mengexplore goa jomblang ini selain dibutuhkan keberanian dan nyali yang extra, harus disertai juga dengan penguasaan Single Rope Technique (SRT) atau biasa disebut tali tunggal. Selain itu kegiatan caving di Goa Jomblang ini juga wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving dan anda juga wajib didampingi oleh ahli penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Peralatan dan perlengkapan yang wajib digunakan untuk menjelajah Goa Jomblang adalah coverall, sepatu boot, helm, headlamp dan SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang serta cowstail pendek.



Goa jomblang ini terhubung dengan dua goa vertikal lainnya yang bernama goa grubug. Untuk memasukinya terdapat 4 jalur, bagi pemula disarankan untuk memilih jalur VIP, karena jalur yang pendek dan mudah. Namun jalur VIP ini tidak langsung menuju blank spot, melainkan harus menyusuri slope yang curam dulu sekitar 15 meter, setelah itu baru turun lewat tali sekitar 20 meter.

Mungkin anda tertarik ?   Hutan Wisata Kalibiru, Pesona Landscape Perbukitan Menoreh

Mungkin perjuangan untuk sampai ke dasar goa terasa berat, namun jika anda sudah berhasil menapakkan kaki di dasar goa, niscaya perjangan anda tersebut terbayar kontan dengan pemandangan alam indah.

Pesona Alam Gua Jomblang

hutan purba goa jomblang

Di dalam cekungan yang berdiameter 50 meter ini tumbuh vegetasi purba yang tumbuh hijau merimbun, aneka lumut, paku-pakuan, semak hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan ini sering disebut dengan nama hutan purba karena vegetasi yang sangat berbeda dengan kondisi di permukaan.

Selain keindahan hutan purba, anda juga bisa menikmati “cahaya surga” yang turun dari lubang goa¬† grubug karena memang goa jomblang ini sepaket dengan goa grubug. Anda bisa menikmati keindahan cahaya surga ini saat matahari bersinah cerah antara pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WIB.

Mungkin anda tertarik ?   Pantai Slili Gunungkidul, Pantai eksotis diantara 2 bukit

Untuk masuk ke goa ini jumlah peserta dibatasi hanya untuk 25 orang saja. Hal ini sengaja dilakukan supaya ekosistem didalam goa tetap terjaga.

Alamat Goa Jomblang

Goa Jomblang ini berada di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tips Caving di Goa Jomblang

  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti serta perlengkapan mandi
  • Jangan lupa membawa kaos kaki karena anda akan menggunakan sepatu boot yang cukup lama, ditambah jika kondisi jalanan yang becek sangat berpotensi menyebabkan kaki lecet
  • Waktu yang baik untuk mengexplore goa jomblang adalah pada waktu musim kemarau sehingga pancaran sinar matahari yang menembus goa akan terlihat sangat sempurna, jadi usahakan pagi-pagi sudah sampai di lokasi.

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru