Jangan sampai anda lewatkan Dieng Culture Festival 2016

Wednesday, March 16th 2016.

dieng culture festival

Tahun 2016 ini banyak festival-festival keren di Indonesia yang emang kaya akan ragam budaya. Salah satunya adalah DCF atau Dieng Culture Festival 2016 yang sayang jika sampai anda lewatkan. Dieng Culture Festival ini merupakan edisi ke 7 dan selalu digelar tiap tahun. Untuk DCF Tahun ini bakal dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 5-7 Agustus nanti.

Pada acara Dieng Culture Festival ini ada banyak sekali acara menarik untuk diikuti, sehingga membuat liburan anda ke dieng semakin seru. Sebagai buktinya pada gelaran DCF tahun lalu saja tidak kurang sekitar 20 ribu pengunjung membanjiri festival ini.

Dieng Culture Festival

Salah satu keunikan dari Dieng Culture Festival adalah festival ini selalu diadakan pada waktu musim kemarau, biasanya sekitar bulan Juli – Agustus yang dimana bila musim kemarau adalah saat-saat suhu di dataran tinggi dieng ini mencapai minus 2 derajat. Jadi bila anda tidak tahan dingin lebih baik untuk menyewa homestay saja, namun bila anda berjiwa adventure, anda bisa mencoba ngecamp disini.

Event Dieng Culture Festival ini awal mulanya dibantu oleh mahasiswa yang sedang KKN di dieng. Namun event kecil-kecilan tersebut ternyata mendapat respons yang positif dari para pengunjung, sehingga tiap tahun kian ramai dan kini sudah memasuki helatan ke-7.

Mungkin anda tertarik ?   Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Salah satu yang paling ditunggu dari Event Dieng Culture ini, terutama bagi para pecinta musik jazz adalah acara Jazz Atas Awan. Biasanya kan bila ada acara jazz nontonnya di cafe-cafe, nah ini acara ngejazznya tepat di depan Candi Arjuna Dieng pada ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Manteb ga tuh, apalagi kamu nonton jazznya berdua bersama pasangan, dijamin deh syahdu dan romantis, buruan deh pesen tiketnya jauh-jauh hari daripada ntar nggak kebagian.

Selain itu ada juga acara seribu lampion, seru banget tauk. Lampion diterbangkan secara rame-rame, membuat langit dieng bertaburan lampion yang bersanding dengan kerlap kerlip bintang. Dijamin memorable banget buat anda yang datang ke Dieng Culture Festival ini.

dieng culture festival 2016

seribu lampion

Selain pesona budaya dan keindahan alamnya, ternyata di dieng ini terdapat juga makanan khas yang jangan sampai anda lewatkan mencobanya, makanan itu bernama Mie Ongklok. Dijamin maknyuss kalau kata pak bondan. Setelah menjajal mie ongklok anda bisa mencari oleh-oleh carica atau anda bisa mencoba purwaceng bagi anda yang sudah berkeluarga dijamin jadi greng lagi 🙂 buat yang masih dibawah umur jangan cobain yak.

Mungkin anda tertarik ?   Cave Tubing Goa Pindul, Serunya menjelajah perut bumi

Destinasi Wisata di Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng ini memang sebuah kawasan wisata yang unik. Dengan beberapa destinasi wisata yang menarik yaitu Kawah sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna,Puncak Sikunir, Bukit Pangonan, Telaga Cebong, Telaga Merdada,Batu Ratapan Angin, Museum Kaliasa hingga Dieng Theatre. Tiga destinasi wisata pertama diatas masuknya gratis alias free karena sudah termasuk dalam tiket VIP Dieng Culture Festival, Gimana seru kan gaes.

Agenda utama dari Dieng Culture Festival ini adalah ritual cukur rambut gimbal. Bagi anda yang belum tahu, anak-anak di kawasan dieng ini lazimnya memiliki rambut gimbal sebagian. Anak-anak ini akan dicukur rambutnya dalam sebuah ritual adat. Si anak berhak meminta imbalan untuk kesediaannya untuk dicukur rambut gimbalnya tersebut. Nah, ritual adat ini setahun sekali dilakukan pada saat Dieng Culture Festival, Sangat menarik kan.

cukur rambut gimbal

Gimana, menarik kan acara Dieng Culture festival ini. Salah satu cara untuk mengikuti kegiatan ini adalah anda harus membeli tiket DCF ke pihak penyelenggara, setelah itu anda harus memikirkan transportasi untuk sampai kesana, terus penginapan serta keperluan lainnya selama 3 hari disana. Yang jadi masalah biasanya banyak peserta lain juga berebut tiket serta penginapan, sehingga anda harus booking jauh-jauh hari biar tidak kehabisan slot.

Mungkin anda tertarik ?   Ada Rumah Hobbit Jogja di Wisata Seribu Batu Songgolangit, Penasaran?

Jika anda tidak mau ribet lebih disarankan untuk bergabung dengan penyedia jasa wisata Dieng Culture Festival. Anda tidak perlu memikirkan tiket serta tetek bengeknya, jadi anda bisa fokus dalam menikmati liburan. Yuk jangan sampai dilewatkan acara Dieng Culture Festival 2016 ini, catat tanggalnya yaitu tanggal 5 sampai 7 Agustus 2016. Ajak kawan-kawanmu atau pasanganmu untuk melihat Dieng Culture Festival ini.

 

Agenda Dieng Culture Festival ke 7 tahun 2016

Catat agenda pelaksanaan DFC 2016 ini, jangan sampe ketinggalan acaranya yak, karena harus nunggu 1 tahun lagi klo sampe kelewat 🙂

Tanggal 5 Agustus 2016

  • Harmoni Jiwa
  • Jazzatasawan

Tanggal 6 Agustus 2016

  • Scooter Fun Tracking
  • Gerlap Lampion

Tanggal 7 Agustus 2016

  • Rampak Budaya Nusantara
  • Ruwat Rambut Gembel

Klik disini untuk melihat detail susunan Ragam acara kegiatan Dieng Culture Festival 2016