Melihat Landscape Kota Wates dari Puncak Gunung Lanang

Tuesday, February 9th 2016.

Gunung Lanang

Wisata alam Gunung Lanang di kulonprogo ini merupakan salah satu objek wisata yang baru dibuka oleh pemerintah kabupaten kulonprogo pada bulan Mei 2015. Kulonprogo memang mempunyai potensi alam yang indah untuk dijadikan objek wisata, salah satunya yaitu pemandangan dari puncak gunung lanang ini, karena memang di daerah kulonprogo ini sebagian wilayahnya adalah daerah perbukitan.

gunung lanang

Para pengunjung tidak perlu khawatir gunung ini akan meletus, karena meskipun ada embel-embel gunung, namun sebenarnya Gunung Lanang adalah sebuah bukit yang masuk dalam gugusan perbukitan menoreh. Gunung Lanang ini secara administratif terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Gunung Lanang ini dari atas puncaknya menawarkan pemandangan landscape kota wates serta pemandangan gunung merapi dan merbabu. Selain itu anda juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset serta melihat garis pantai selatan yang ada di wilayah kulonprogo.

Mungkin anda tertarik ?   Hutan Wisata Kalibiru, Pesona Landscape Perbukitan Menoreh

Untuk mencapai puncak di gunung Lanang ini, anda harus trekking menapaki jalan setapak kira-kira 150 meter jauhnya. Anda harus berhati-hati karena jalan setapak yang akan dilewati cukup terjal sehingga dibutuhkan konsentrasi yang extra. Di Gunung Lanang ini oleh pengelola sudah disiapkan gardu pandang sebanyak 3 titik untuk menikmati pemandangan alam.

Kawasan puncak gunung lanang ini dulunya adalah sebagai tempat bertapa Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Gua yang digunakan untuk bertapa tersebut sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat sekitar untuk bersemedi. Tempat persemedian kyai lanang berada di dekat puncak sedangkan lokasi bersemedi Nyi Rantam Sari berada di bawahnya. Konon mitosnya jika ada yang bersemedi di dalam goa tersebut dengan membawa Gula Jawa / Gula Merah dan jika gula tersebut bisa menyala jika dibakar dengan korek api, maka orang yang bertapa tersebut konon akan memperoleh kesaktian.

Mungkin anda tertarik ?   Rekomendasi Wisata Di Pacitan Yang Menjadi Spot Favorit Para Wisatawan

Letak Gunung Lanang ini cukup mudah dijangkau karena berada di tepi jalan jalur menuju Wisata Goa Kiskendo. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta dan ingin mengunjungi obyek wisata ini anda bisa menempuh rute sebagai berikut .

Cara Menuju Puncak Gunung Lanang Kulonprogo

dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat. lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, lurus – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Jalan Goa Kiskendo – Gunung Lanang

Apabila anda akan pergi ke Gunung Lanang Kulonprogo janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Gunung Lanang, Kulonprogo, Yogyakarta.

Mungkin anda tertarik ?   Telaga Cebong dengan bentuknya yang unik