paket wisata jogja terbaru

Eksotisme Hutan Mangrove Kulon Progo

Wednesday, March 30th 2016.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hal seru apa saja yang bisa kamu lakukan di Hutan Mangrove Kulon Progo? Mengunjungi kawasan konservasi hutan bakau yang kemudian dikembangkan menjadi salah satu wisata edukatif jogja ini mungkin bisa menjadi alternatif jika kamu berlibur di Jogjakarta.

Kabupaten yang terkenal dengan potensi wisata alamnya ini semakin menjadi primadona, karena banyak wisata baru di jogja terutama daerah Kulon Progo yang menjadi booming dan ngehits bagi kalangan wisawatan baik domestik maupun mancanegara.

hutan mangrove kulon progo

Salah satu wisata baru di Jogja yang ngehits adalah Hutan Mangrove Kulon Progo yang eksotik ini. Dimulai sekitar tahun 90-an, kelompok wanatirta menanam pohon bakau atau mangrove yang bertujuan untuk mengurasi abrasi pantai. Lama kelamaan, tanaman bakau pun semakin lebat dengan luas sekitar 3 hektar dan dijadikan kawasan konservasi.

Kemudian muncul ide untuk mengubah kawasan hutan mangrove ini menjadi objek wisata edukatif supaya masyarakat maupun pengunjung bisa concern tentang bahaya abrasi pantai. Namun tak dinyana, objek-objek foto yang diambil di kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo ini malah menjadi viral di sosial media baik instagram,facebook, path maupun twitter sehingga dalam satu hari bisa ribuan orang untuk berkunjung, penasaran dengan Hutan Mangrove Kulon Progo ini.

Mungkin anda tertarik ?   Ngopi di Alam Bebas?? Cobain yuk ngopi sambil menikmati senja di Puncak Becici

mangrove kulon progo

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan membangun lahan parkir dan jembatan bambu agar pengunjung bisa berjalan-jalan melihat lokasi hutan mangrove. Perbaikan fasilitas dan penambahan fasilitas pun dilakukan agar pengunjung nyaman, fasilitas tersebut diantaranya penambahan mushola, tempat makan, spot-spot selfie, gazebo dalam hutan, serta ayunan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

jembatan api api

Spot paling favorit di Hutan Mangrove Kulon Progo ini adalah jembatan api api, jembatan yang dulunya terbuat dari bambu ini sempat mengalami kerusakan karena tidak mampu menampung membludaknya pengunjung karena memang kekuatan jembatan ini tidak diset untuk pengunjung ribuan per harinya. Namun sekarang jembatan api api ini telah diperbaiki dengan penambahan kayu sebagai penguatnya.

hutan mangrove pantai congot

Sebetulnya ada 2 lokasi untuk pengembangan hutan mangrove di jogja, yang pertama berada di sebelah pantai parang tritis. Sedangkan yang kedua berada di dusun pasir mendit, hutan mangrove ini lebih difungsikan untuk mempertahankan pesisir pantai dari abrasi.

Mungkin anda tertarik ?   Beberapa Pulau Yang Bisa Anda Kunjungi Saat Wisata Ke Pulau Seribu

menara eifel di jogja

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo

Banyak yang menyebut lokasi hutan mangrove kulon progo ini dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Congot, namun sebenarnya lokasi Hutan Mangrove ini berada di dusun Pasir Mendit. Jadi bila kamu bertanya kepada penduduk ataupun search map di google dengan kata kunci pantai congot kamu pasti mendapat zonk karena lokasi Hutan Mangrove ini bukan berada di Pantai congot.

Jika sudah terlanjur sampai di pantai congot, jarak dari pantai congot ke hutan mangrove sekitar 7 kilometer, semoga dengan membaca artikel ini wisatawan jadi tidak salah kaprah lagi tentang lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo.

lokasi hutan mangrove kulon progo

Rute menuju ke Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan mangrove Kulon Progo ini secara administratif terletak di dusun pasir mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Untuk rute menuju hutan mangrove ini jika dari kota jogja adalah melalui jalan jogja -wates, sampai ketemu patung kuda kota wates terus masih kebarat lagi sampai ketemu terminal wates kemudian ambil kiri.

Mungkin anda tertarik ?   Taman Pelangi, Wisata Malam Romantis Di Jogja



Dari terminal wates masih sekitar 10 kilometer perjalanan, setelah ketemu rumah makan padang murah meriah pertigaan berbentuk huruf “Y” ambil arah kiri yang menuju pantai congot atau sebelum tugu selamat datang kabupaten purworejo. Anda lurus saja sampai ketemu jembatan congot, perjalanan masih lanjut ke arah barat kira-kira 100 meter di kiri jalan ada papan nama dusun pasir mendit, setelah itu ikuti saja petunjuk papan yang tersedia.

senja di pantai congot

Note :

Bila anda tertarik mengunjungi objek wisata hutan mangrove pasir mendit ini, maka disarankan untuk datang pada sore hari, sekitar jam 4, selain itu anda bisa melihat pesona sunset yang indah diantara hutan mangrove atau pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi karena apabila anda datang pada siang hari maka suasana di hutan mangrove kulon progo ini juga sangat panas dan belum banyak tempat untuk berteduh.

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru