paket wisata jogja terbaru

Kala Senja di Komplek Istana Ratu Boko

Monday, May 9th 2016.

istana ratu boko

Istana Ratu Boko

Komplek Istana Ratu Boko ini berada di bukit Boko, jika dari arah kota Jogjakarta jaraknya sekitar 19 kilometer ke arah timur dan hanya berjarak 2 kilometer dari Candi Prambanan ke arah selatan. Komplek istana ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang salah satunya adalah pemandangan yang sangat indah dikala senja menjelang. Dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi serta Candi prambanan dan candi Kalasan, menambah elok kawasan wisata Ratu Boko ini.



Istana ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan. Bangunan tersebut terletak pada teras-teras yang dibuat pada punggung hingga puncak bukit dengan halaman paling depan  yang berada di sebelah barat terdiri atas tiga teras.

Mungkin anda tertarik ?   Merasakan Eksotisme Berlibur Di Karimunjawa

Sejarah Istana Ratu Boko

Komplek wisata Ratu Boko ini menurut sejarah yang diketahui dari ditemukannya prasasti Walaing yang berangka tahun 792 M yang berisi tentang pendirian Abhayagiriwihara oleh Rakai Penangkaran. Pada awal mulanya bangunan ini adalah sebuah wihara untuk seorang pendeta Budha yang bernama ABhayagiri. Namun pada tahun 856 M, komplek tersebut kemudian dialih fungsikan sebagai keraton oleh Rakai Walaing Pu Khumbayoni yang beraliran agama Hindu. Maka tidak mengherankan bila dikomplek ratu boko ini unsur agama hindu dan agama budha tampak bercampur.

Salah satu contohnya dari unsur agama hindu dapat dilihat dari yoni, tiga miniatur candi, archa Ganesha dan Durga  serta lempengan emas yang bertuliskan “Om Rudra ya namah swaha” sebagai bentuk pemujaan terhadap Dewa Rudra yang merupakan nama lain Dewa Siwa. Sedangkan dari unsur agama budha dapat dilihat dari arca Budha dan reruntuhan stupa.

Mungkin anda tertarik ?   4 Objek Wisata Purwakarta Yang Eksotis

Setelah melewati gerbang, akan ada petunjuk arah menuju bukit untuk sampai ke gardu pandang. Dari gardu pandang tersebut akan terlihat jelas area bawah Candi Prambanan dan sekitarnya hingga pemandangan Gunung merapi.

Sebelum sampai ke gardu pandang, terdapat area Candi Pembakaran yang dulunya area tersebut difungsikan sebagai tempat pembakaran mayat. Di sisi timur tenggara Candi Pembakaran, terdapat mata air yang bernama Amerta Mantana, yang berarti air suci yang sudah diberi nama. Air ini setiap tahun digunakan oleh umat hindu untuk ritual keagamaan upacara tawur agung, upacara sebelum hari raya Nyepi.

Selain itu terdapat paseban yang berada di sisi selatan yang dulunya digunakan sebagai tempat untuk menghadap raja. Paseban ini letaknya tidak jauh dari komplek Pendopo. Disamping pendopo yakni kawasan keputren yang konon dulunya merupakan tempat tinggal putri raja.

Mungkin anda tertarik ?   Berburu Tempat Romantis Di Bali

Lokasi Istana Ratu Boko

Komplek Istana Ratu Boko ini berada di dusun Samberwatu, Desa Sambirejo dan Dusun Dawung, Desa Bokoharjo kecamatan prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

 

Tips wisata di Istana Ratu Boko:

  1. Datanglah pada waktu menjelang sore. Selain cuacanya sudah tidak terlalu panas, anda juga tidak terlalu lama untuk menunggu datangnya sunset yang konon merupakan spot favorit memburu senja di jogja.
  2. pakailah sandal atau sepatu yang nyaman di kaki, selain itu gunakan pakaian yang menyerap keringat karena berjalan-jalan di area yang luas ini pastinya akan berkeringat 🙂 sekalian olah raga yak

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru