paket wisata jogja terbaru

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Saturday, April 9th 2016.

Gembira Loka Jogja

gembira loka zoo

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja – Bukan Sekedar Rekreasi

Bonbin Gembira Loka adalah Satu-satunya Kebun Binatang yang ada di jogja yang sekaligus juga sebagai museum satwa. Kebun binatang gembira loka ini merupakan museum tertua di jogjakarta setelah museum Sonobudoyo. Kebun binatang gembira loka ini mulai dibangun pada tahun 1933 di daerah Kali Gajah Wong yang merupakan ide dari Sri Sultan Hamengkubuwono ke VIII. Raja Jogja ini menginginkan adanya tempat hiburan rakyat yang berupa kebun raya. Ide dari sultan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan seorang arsitek bernama Kohler yang berkewarganegaraan Austria.

Setelah beberapa tahun kemudian, gagasan pendirian kebun binatang tersebut baru bisa direalisasikan dan berlanjut sampai masa pemerintahan Sri Sultan HB IX bersama Ir. Karsten. Dan akhirnya pada tanggal 10 November 1953, bonbin gembira loka diresmikan oleh Sri Sultan HB IX dan untuk pengelolaannya akan diserahkan kepada Yayasan Gembira Loka yang diketuai oleh Sri Paku Alam VIII.

Mungkin anda tertarik ?   Puncak Suroloyo, puncak tertinggi di perbukitan menoreh

Walaupun dalam perjalanannya mengalami pasang surut karena beberapa kali mengalami pergantian pengelola karena alasan manajerial, namun kebun binatang gembira loka ini masih menjadi objek wisata andalan bagi yogyakarta, khususnya untuk wisata keluarga. Menurut data dari Dinas Pariwisata DIY, jumlah pengunjung yang mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka masih lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung Museum Sonobudoyo dan Monumen Jogja Kembali, namun jumlah tersebut masih kalah bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung Keraton Jogjakarta dan kawasan Malioboro per tahunnya.

Di kebun binatang ini banyak terdapat spesies langka yang keberadaannya hampir punah, baik dari keluarga mamalia, reptilia, aves, amfibia, pisces. Selain itu bonbin gembira loka ini juga mempunyai koleksi menarik yang berupa binatang kering yang sudah diawetkan dan dipajang dalam ruangan khusus.

Di kebun binatang ini juga terdapat laboratorium alam Flora dan Fauna yang bisa digunakan sebagai sarana untuk pembelajaran terutama bagi pelajar dan anak-anak sehingga kebun binatang ini sangat cocok sebagai wisata keluarga. Kebun binatang yang sudah berumur lebih dari setengah abad ini juga dihiasi dengan rangkaian taman yang hijau sehingga menambah keasrian kebun binatang ini. Terdapat beberapa pohon tua dan besar yang menambah rindangnya tempat ini.

Mungkin anda tertarik ?   Beberapa Pulau Yang Bisa Anda Kunjungi Saat Wisata Ke Pulau Seribu

Selain melihat dari dekat berbagai flora dan fauna di kebun binatang ini, tersedia juga berbagai macam wahana rekreasi seperti genjot bebek , naik gajah, naik unta,Terapi Ikan Garra Rufa,Atraksi Binatang Terampil,Kolam Tangkap Ikan untuk Anak-anak dan gua replika yang tersedia untuk mendukung pariwisata di Gembiraloka.

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang ini beralamat di Jl. Kebun Raya No.2 Kotagede, Jogjakarta. Jika dari terminal Giwangan hanya berjarak sekitar 4 kilometer, sedangkan jika dari kawasan malioboro atau kraton yogyakarta hanya berjarak 6 kilometer.

Akses menuju Bonbin Gembira Loka

Untuk sampai ke bonbin gembira loka ini para wisatawan bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi umum, anda bisa menggunakan bus kota, taxi, trans jogja, becak atau andong. Jika menggunakan bus kota, anda bisa memilih jalur 9 atau 7 sedangkan bila anda memilih menggunakan bus trans jogja, pilihlah bus trayek 1B.

Mungkin anda tertarik ?   5 Rekomendasi Tempat Wisata Malang

Fasilitas Bonbin Gembira Loka

Fasilitas di kebun binatang ini sudah sangat lengkap. Terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam sovenir, mainan anak-anak, minuman dan makanan. Di area kebun binatang sudah terdapat toilet, mushola, tempat untuk bersantai dll. Untuk Wahana permainan tersedia perahu katamaran, speedboat, bumber boat, atv, taring (transportasi Keliling)

Tips Wisata di Gembira Loka :

  1. Jagalah selalu anak-anak Anda selama di area kebun binatang Gembira Loka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Berangkatlah pagi hari agar Anda dan keluarga dapat menikmati fasilitas yang ada di kebun binatang Gembira Loka dengan lebih leluasa.
  3. Bawalah topi sebagai pelindung dari sengatan matahari karena untuk beberapa aktivitas akan sulit untuk menghindari panas matahari di siang hari.
  4. Jika Anda berencana mengajak anak-anak untuk bermain di kolam tangkap ikan, sebaiknya membawa pakaian ganti dan handuk untuk berbilas.

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru