Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh Kulon Progo

Thursday, December 28th 2017.

Perbukitan menoreh di sisi barat Jogjakarta menyimpan banyak sekali potensi wisata alam jogja yang indah, salah satunya adalah wisata alam kebun teh nglinggo. Suasana pegunungan yang sejuk dan asri mampu membuat siapapun yang datang kesini menjadi betah berlama-lama memandang hamparan hijau kebun teh yang membentang di punggung perbukitan menoreh ini.

Kebun Teh yang hanya satu satunya di Jogjakarta ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun karena kurangnya informasi dan belum berkembangnya tren gadget dan medsos seperti jaman now, membuat kebun teh nglinggo ini kurang familiar bagi wisatawan.

Namun kini, kebun teh yang berada di samigaluh ini perlahan mulai tenar dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Semua itu tak lepas dari keseriusan pemerintah kota setempat khususnya kabupaten Kulon Progo dalam menggarap potensi wisata yang ada di daerahnya.

kebun teh nglinggo

Lokasi dan Rute Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh yang terhampar di ketinggian 800 mdpl ini berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Lokasi kebun teh nglinggo ini berada di sebelah utara pegunungan menoreh, untuk sampai ke tempat ini pengunjung harus menempuh perjalanan darat yang lumayan menantang medannya sejauh 40 kilometer dari Kota Jogjakarta.

Mungkin anda tertarik ?   Keunikan Pantai Watulawang Gunungkidul

Dengan medan jalanan yang menanjak dibutuhkan ketrampilan dalam mengemudi, selain itu kendaraan juga harus dalam keadaan prima. Cara termudah untuk sampai di Kebun Teh Nglinggo adalah melalui jalur Jalan Godean terus melaju ke arah barat sampai bertemu perempatan Kenteng di daerah Nanggulan, silahkan ambil kanan yang menuju ke perempatan Dekso dengan ciri patung garuda.

Dari perempatan Dekso, kemudian ambil kiri dan ikuti terus hingga sampai di pertigaan Plono. Di situ sudah banyak papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu menuju Kebun Teh Nglinggo. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya kepada penduduk setempat atau bisa bertanya kepada google map yang akan memandumu sampai ke tempat ini.

Setelah melewati gerbang masuk kebun teh, pengunjung akan ditarik retribusi untuk masuk ke kawasan desa wisata Nglinggo. Selain kebun teh, desa wisata nglinggo juga menawarkan wisata alam lain yang berupa air terjun watu jongol.

Mungkin anda tertarik ?   Pantai Slili Gunungkidul, Pantai eksotis diantara 2 bukit

gardu pandang kebun teh nglinggo

Hamparan Hijau Kebun Teh Nglinggo Yang Sejuk

Area kebun teh nglinggo memang tidak terlalu luas bila dibandingkan dengan kebun teh yang berada di wonosobo atau di kawasan puncak, kawasan kebun teh nglinggo ini menempati lahan beberapa hektar saja dan dikelilingi dengan tanaman lain milik penduduk setempat.

Rencana kedepannya, kebun teh ini akan diperluas dengan cara bekerja sama dengan pemilik tanah atau lahan. Meskipun tidak luas, namun kebun teh nglinggo ini memiliki nilai plus tersendiri bagi wisatawan yang mendatanginya. Selain satu-satunya kebun teh di Jogjakarta, kebun teh yang berada di perbukitan menoreh ini juga menawarkan pemandangan sisi lain perbukitan menoreh yang tak kalah keren.

kebun teh samigaluh kulon progo

Pengunjung yang datang di pagi hari bisa menyaksikan petani teh memetik daun teh. Sebab waktu yang terbaik dalam memetik daun teh adalah di pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum matahari menyengat. Setelah kantong kantong yang berisi daun teh telah penuh kemudian dibawa ke unit pengolahan daun teh samigaluh.

Mungkin anda tertarik ?   Hunting Foto Prewed di Hutan Pinus Mangunan

Unit pengolahan teh samigaluh ini merupakan bagian dari PT Pagilaran yang mampu memproduksi 5000kg pucuk daun teh/per hari dengan produk unggulan teh hijau kakao bean dan teh melati.

Pengunjung yang penasaran dengan rasa teh dari perkebunan ini bisa mencicipi teh di warung-warung sekitar perkebunan dengan brand Teh Sangit Nglinggo. Suasana pegunungan yang sejuk sambil menikmati secangkir teh dan memandang hamparan hijau perkebunan teh pastinya akan terasa syahdu bukan.

Sedikit informasi, disekitar kawasan perkebunan teh nglinggo ini terdapat juga bukit yang bisa di eksplore keindahannya. Bukit tersebut bernama puncak kendeng gunung kukusan dan puncak gunung jaran.

puncak kendeng gunung kukusan

Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Untuk biaya retribusi memasuki kawasan perkebunan teh ini, pengunjung hanya dibebankan biaya sebesar Rp. 3000/ orang dan biaya parkir saja.