paket wisata jogja terbaru

Keren, Ternyata Ada Kampung Memanah Di Kulon Progo Lho

Thursday, November 16th 2017.

Kampung Jemparingan

Panahan atau dalam bahasa jawanya disebut dengan jemparingan merupakan salah satu budaya warisan leluhur, sebab panahan sudah dikenal sejak zaman dahulu yang digunakan sebagai senjata untuk berperang, namun di zaman milenial seperti sekarang ini, panahan lebih dikenal sebagai salah satu cabang olahraga.

Kulonprogo berusaha mengangkat salah satu budaya warisan leluhur tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan mengembangkan Kampung Jemparingan. Kampung ini berada di Dusun Pengasih, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo.

Pada waktu akhir pekan, warga setempat maupun penggemar olahraga panahan dari berbagai daerah menyempatkan datang kesana untuk belajar sekaligus berlatih bersama. Karena olahraga panahan atau jemparingan ini membutuhkan latihan yang teratur.

Mungkin anda tertarik ?   Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Kegiatan yang rutin diadakan di “Kampung Jemparingan” ini mulai diadakan sejak dua tahun yang lalu dengan anggota sebanyak 100 orang.

Kampung jemparingan ini berawal dari beberapa warga dari pengasih yang memiliki hubungan dekat dengan para abdi dalem keraton Jogjakarta Hadiningrat. Mereka kemudian tertarik untuk mempelajari seni jemparingan dan berkesempatan untuk belajar di Langenastran. Berawal dari situlah kemudian Kampung Jemparingan hadir untuk mengenalkan jemparingan kepada warga sekitar yang ingin mempelajari olah raga ini.



Ide untuk mendirikan “Kampung Jemparingan” ini mendapat respons positif dari warga pengasih lainnya. Warga kemudian secara swadaya membangun tempat latihan jemparingan yang dinamai Sasana Jemparingan Mataraman Langenprogo.

Tempat latihan jemparingan tersebut berdiri diatas lahan pribadi warga setempat dengan luas sekitar 1000 meter persegi. Sebelumnya tempat ini merupakan lapangan yang dinamai Jatikusumo karena ada pohon jati di bagian tengahnya.

Mungkin anda tertarik ?   Destinasi Wisata Batu Malang Yang Menarik

Latihan rutin jemparingan digelar setiap sabtu dan Minggu, kegiatan tersebut sebagai ajang untuk menjaga kebersamaan dan menjalin silaturahmi antar anggota. Kampung Jemparingan ini juga sering kedatangan tamu dari paguyuban jemparingan lainnya, termasuk juga yang berasal dari luar daerah untuk studi banding.

Bupati kulonprogo, Hasto Wardoyo mengapresiasi dengan meresmikan Desa Pengasih sebagai Kampung Jemparingan, selain menambah destinasi wisata di Kulonprogo, diharapkan kampung Jemparingan ini mampu menumbuhkan semangat jiwa kemataraman sekaligus untuk melestarikan kearifan lokal olahraga jemparingan atau panahan.

Penasaran dengan kampung yang unik ini? yuk pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja bersama jpswisata.com, eksplore jogjakarta beserta keindahan alam dan budayanya.

Mungkin anda tertarik ?   IndiHome Prambanan Jazz 2017

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru