Kuliner Maknyus Tengkleng Gajah

Saturday, April 30th 2016.

tengkleng gajah

Kuliner Tengkleng Gajah

Mendengar nama menu makannya mungkin pertama kali yang muncul dipikiran anda adalah apakah tengklengnya dari bahan gajah? Anda keliru jika berpikiran seperti itu, karena sebenarnya tengkleng gajah merupakan olahan berbahan utama kambing dalam porsi “gajah” atau potongan ukuran tengklengnya jumbo.

Tengkleng ini diolah dengan bumbu rempah-rempah khusus, sehingga banyak traveler yang penasaran dengan warung tengkleng gajah ini. Selain menu utama tengkleng gajah, tersedia juga sate, tongseng dan nasi goreng kambing.

Tengkleng merupakan jenis makanan seperti sup khas solo yang berbahan dasar daging,jeroan dan tulang kambing. Jika dilihat sepintas mirip dengan gulai kambing, hanya berbeda di kuahnya saja yang lebih encer dan tentu saja rasanya juga berbeda. Untuk menikmati tengkleng Gajah ini lebih maknyus bila anda menyantapnya selagi panas dengan daging yang masih menempel di tulang. Traveler yang berkunjung biasanya akan memakai sedotan untuk menikmati sumsum yang tersembunyi di balik tulang.

Mungkin anda tertarik ?   Rekomendasi 20 Tempat Kuliner Di Jogja Yang Enak, Part 1

Soal citarasa, tengkleng gajah ini dijamin istimewa karena untuk mengolah irisan tulang kambingnya saja membutuhkan waktu 3 jam untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan aneka rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu pun bisa merasuk sempurna ke dalam daging.

Selain menyajikan tengkleng, warung ini juga menyediakan olahan kambing lainnya seperti sate kambing, tongseng kambing, nasi goreng kambing. Ada total 11 menu olahan kambing, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda kurang menyukai tengkleng, ada beragam menu alternatif lainnya. Warung tengkleng gajah ini buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai dengan 21.00. Pada musim liburan atau waktu akhir pekan biasanya menu andalan tengkleng gajah ini akan cepat habis, oleh karena itu anda harus datang lebih awal agar tidak kehabisan.

Mungkin anda tertarik ?   Saatnya NGOPIS (Ngopi Pinggir Sungai)

Cara Menuju Ke Warung Tengkleng Gajah

Warung ini terletak di Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman. Akses untuk menuju ke warung ini sangat mudah dan jalannya juga sudah bagus. Dari pusat kota jogja, anda ambil jalan Kaliurang menuju ke utara sampai kilometer 9,3. Sebelum lampu merah merapi view ada pertigaan, anda belok kanan kearah timur kira-kira 1 kilometer anda akan sampai di lokasi yang berada di sisi kanan jalan.