paket wisata jogja terbaru

Legenda Kawah SiKidang Dieng

Friday, February 12th 2016.

Kawah SiKidang Dieng
kawah sikidang dieng

Meskipun sudah terjadi beradab-abad yang lalu, dataran tinggi Dieng yang terbentuk dari erupsi Gunung Prau ini masih terjadi aktivitas vulkanis yakni adanya kawah sikidang. Kawah Sikidang ini memiliki keunikan dibandingkan dengan kawah-kawah lain yang ada di dataran tinggi Dieng. Yakni kawah utamanya yang sering berpindah pindah. Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.

Ketika wisatawan memasuki kawasan kawah, terlihat beberapa lubang besar mengeluarkan asap yang tidak terlalu tebal. Dulunya lubang-lubang tersebut merupakan kawah utama, sedangkan sekarang untuk kawah utamanya terletak agak jauh dari pintu masuk. Dari pintu masuk, wisatawan masih harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk sampai di kawah utama.

Karena kawah utama yang sering berpindah-pindah tersebut objek wisata di dataran tinggi Dieng ini dinamakan kawah sikidang, yang berasal dari kata “kidang” atau dalam bahasa indonesia berarti kijang yang sifatnya suka melompat kesana kemari.

Mungkin anda tertarik ?   Inilah Rekomendasi Wisata di Sidoarjo Yang Wajib Masuk List Liburan Anda



Asal muasal nama Kawah Sikidang Dieng

Selain itu ada juga mitos atau legenda yang menyertai mengenai kawah sikidang ini. Konon pada zaman dahulu kala hiduplah seorang gadis yang cantik jelita bernama Shinta Dewi. Karena kecantikannya banyak pemuda yang ingin memperistrinya, namun tidak ada yang berhasil mempersunting Shinta Dewi dikarenakan si gadis cantik tersebut meminta mas kawin yang banyak sekali.

Berita tentang kecantikan Shinta Dewi pun akhirnya terdengar oleh Kidang Garungan, seorang pangeran yang sangat kaya raya. Meskipun kaya raya namun Kidang Garungan memiliki keanehan yaitu memiliki tubuh manusia, namun kepalanya berupa kepala kijang atau kidang.

Pangeran Kidang Garungan pun segera mengutus ajudannya untuk menyampaikan lamarannya kepada Shinta Dewi dengan mas kawin yang sangat banyak sesuai permintaan Shinta Dewi. Karena tergiur dengan mas kawin yang ditawarkan oleh ajudan Pangeran Kidang, Shinta Dewi berpikir seorang pangeran yang kaya pastilah juga berwajah rupawan sehingga Shinta Dewi pun menerima pinangan Pangeran Kidang Garungan.

Mungkin anda tertarik ?   Rekomendasi Tempat Wisata Di Bayuwangi Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Namun harapan Shinta Dewi bertolak 360 derajat, alangkah terkejutnya dia ketika melihat wajah pangeran Kidang yang tidak sesuai dengan yang ada di benaknya sewaktu pangeran kidang melamarnya. Di lain sisi Shinta Dewi bingung karena dia telah menyetujui lamaran dari sang pangeran, sehingga Shinta Dewi pun segera mencari akal agar lamaran dari sang pangeran dibatalkan.

Kemudian Shinta Dewi meminta kepada pangeran kidang syarat lain yang harus dipenuhi yaitu minta dibuatkan sebuah sumur yang besar karena masyarakat sekitar kesulitan mendapatkan air. Namun pembuatan sumur tersebut harus dibuat sendiri oleh pangeran kidang dalam satu hari.

Pangeran Kidang pun menyanggupi tantangan dari Shinta Dewi, dengan giat sang pangeran menggali tanah untuk membuat sumur. Melihat kegigihan pangeran kidang, Shinta Dewi pun menjadi cemas jika seandainya pangeran kidang berhasil menyelesaikan sumur permintaannya. Dalam keadaan kalut, Shinta Dewi pun meminta masyarakat sekitar untuk menimbun sumur yang digali oleh pangeran selagi pangeran kidang masih berada di dasar sumur tersebut. Sang pangeran pun akhirnya terkubur hidup-hidup di sumur yang digalinya tersebut. Amarah sang pangeran pun meledak dan jadilah kawah Sikidang.

Mungkin anda tertarik ?   Batu Ratapan Angin, Spot Menarik Menikmati Keindahan Telaga Warna

Tips berwisata ke Kawah Sikidang Dieng

Kawah sikidang ini sekarang pengelolaannya berada di bawah Perum Perhutani. Saat anda berkunjung ke kawah sikidang ini disarankan untuk membawa masker karena udara di sekitar kawasan kawah sikidang ini memiliki bau belerang yang sangat kuat. Selain itu, wisatawan yang berkunjung diharapkan tidak terlalu dekat dengan kawah karena suhu di permukaan kawah sikidang mencapai 80 sampai 90 derajat celcius.

Apabila anda akan pergi berkunjung ke kawah sikidang janganlah bingung, kami melayani paket wisata dieng yang murah untuk pergi ke kawah sikidang, Dieng, Jawa tengah.

 

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru