Yuk… mblusuk ke tempat pengrajin perak di Kotagede

Wednesday, June 15th 2016.

Kerajinan Perak Kotagede

Mendengar nama Kotagede bagi sebagian wisatawan yang datang ke jogja mungkin sudah tidak asing lagi. Karena memang di kotagede ini terkenal akan sentra kerajinan yang terbuat dari perak dengan kualitas yang bagus. Kotagede ini berada di pinggir kota Yogyakarta, sebelah timur selatan keraton Jogjakarta. Masyarakat sekitar kotagede kebanyakan berprofesi sebagai pengrajin perak sehingga tidak heran jika kotagede juga mempunyai julukan sebagai kota perak.

kerajinan perak kotagede

Kotagede merupakan salah satu tujuan wisatawan untuk mencari cinderamata dari jogja yang berupa pernak pernik yang terbuat dari perak. Dari segi kualitas dan seni, hasil karya pengrajin perak kotagede tentu tidak kalah dengan daerah lain.

Selain sebagai sentra pengrajin perak, ternyata Kotagede ini dulunya merupakan ibukota lama kesultanan mataram lho pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo sebelum kerajaan tersebut pecah menjadi 2 yaitu Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Jadi tidak heran di kotagede ini juga masih terdapat situs-situs sejarah seperti komplek makam raja-raja mataram dan mesjid agung kotagede. Kerajinan perak di kotagede ini bermula dari kebiasaan para abdi dalem membuat barang-barang keperluan keraton sebagi perhiasan atau perlengkapan lainnya bagi raja dan kerabat kraton yang kemudian keahlian tersebut diturunkan secara turun temurun sampai sekarang.

Mungkin anda tertarik ?   Sepeda Publik ini bisa kamu gunakan saat berkunjung di Malioboro secara gratis

Jika anda menyukai pernak pernik dari perak, anda bisa berkunjung ke kotagede ini. Lokasi para pengrajin perak hampir ada di setiap sudut kotagede. Mulai dari pasar kotagede sampai ke masjid agung terdapat puluhan toko yang menjajakan kerajinan perak. Ciri khas dari perak kotagede adalah kontras dan emboss pada desain perhiasan yang dihasilkan. Soal harga adalah hal yang relatif, mungkin bagi seseorang yang kurang mengerti seni akan merasa harga tersebut mahal, namun jika anda melihat bagaimana proses pembuatannya setidaknya bisa menjadikan taksiran tersendiri sebelum berkata mahal. Namun bila anda membandingkan harga dan model perak kotagede dengan kerajinan perak kota lain atau luar negeri, harga kerajinan perak dari kotagede tergolong masih paling murah.

Mungkin anda tertarik ?   Yuk, Ramaikan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang akan segera hadir

kerajinan perak

Cara menuju ke Kotagede

Anda dapat dengan mudah sampai ke kotagede karena memang akses jalan ke kotagede sudah sangat bagus, anda bisa memilih menggunakan bus, taksi atau mobil. Selain itu anda juga bisa menggunakan alternatif lain yang lebih tradisional yaitu andong atau becak.

Bila anda ragu akan kadar kemurnian perak, wisatawan bisa mampir ke Balai Besar Perindustrian di Jalan Kusumanegara. Selain itu anda bisa juga mengunjungi art shop KP3Y (Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta) di kawasan Mondorakan untuk mencari informasi mengenai standar mutu dan harga perak. Kemudian penjelajahan bisa dilanjutkan ke berbagai art shop di seluruh penjuru Kotagede sambil menikmati suasana khas sebuah kota tua nan eksotis.

Mungkin anda tertarik ?   5 Spot Wisata Jogja Backpaker yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Buat para pecinta barang seni ayo buruan berkunjung ke sini. Di kotagede yang merupakan surganya kerajinan perak merupakan salah satu kekayaan nusantara yang wajib untuk dijaga. Cintailah produk lokal indonesia, dengan membeli produk lokal berarti anda ikut melestarikan produk lokal supaya bisa tetap bisa eksis.

Tertarik untuk mengunjungi kotagede dengan kerajinan perak dan suasanya khas kota tua nan eksotis? JPS Wisata siap untuk mendampingi anda tour liburan jogja.