Mengejar sunrise di gunung ireng

Tuesday, January 26th 2016.

sunrise di gunung ireng jogja

Wisata jogja Sunrise Gunung Ireng

Gunung ireng jika dalam bahasa indonesia berarti gunung hitam. Gunung ireng ini merupakan salah satu spot terbaik di jogja untuk melihat sunrise, yang konon gunung ireng ini tercipta karena tendangan seseorang sakti dalam cerita pewayangan yang bernama Bratasena yang ngamuk karena diganggu sekumpulan monyet di puncak gunung Merapi. Ceritanya raden Bratasena ini bermaksud menendang monyet-monyet nakal tersebut namun tendangannya meleset sehingga mengenai bebatuan dan pada akhirnya bebatuan dari puncak merapi ini terbang jauh hingga ke daerah gunung kidul dan jadilah gunung ireng yang kita kenal ini.

Gunung ireng ini terletak di dusun srumbung, desa pengkok, kecamatan pathuk gunung kidul. Sebenarnya destinasi wisata alam gunung ireng ini bukanlah gunung seperti gunung merapi ataupun gunung kelud yang berbahaya jika sedang aktif lava dipuncaknya, sehingga anda tidak perlu khawatir akan awan panas yang menerjang. Meski ada embel-embel nama gunung, namun tempat wisata ini adalah sebuah bukit kecil dengan puncaknya yang gundul. Di puncak inilah yang digunakan oleh para pemburu sunrise untuk menikmati semburat matahari terbit di kota jogjakarta. Gunung Ireng ini juga di sebut dengan Gunung batok dikarenakan tidak adanya pohon yang dapat tumbuh disekitar Gunung yang berupa bebatuan yang bewarna hitam.

Mungkin anda tertarik ?   Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Untuk sampai ke puncak gunung ireng ini, setelah memarkir kendaraan anda harus berjalan sejauh beberapa puluh meter menembus lebatnya hutan jati. Pemandangan diatas gunung ireng ini dihiasi oleh petak-petak sawah nan hijau serta kabut tipis di sekelilingnya. Sambil menunggu munculnya sang surya yang terbit anda bisa bersantai di gazebo yang ada di puncak bukit

Secara ilmu geologi, gunung ireng ini masih merupakan bagian dari gunung api purba di masa miocene, sekitar 5 sampai 23 juta tahun lalu yang meletus dan kehilangan bentuk. Sisa-sisa gunung api purba inilah yang membentuk beberapa formasi batuan vulkasis di wilayah patuk, termasuk wilayah nglangeran dan gunung ireng.

Mungkin anda tertarik ?   Deretan Tempat Wisata Yang Ada Di Lembang

Gunung ireng ini selain sebagai spot yang favorit untuk menikmati terbitnya fajar yang terbit di jogja, banyak juga digunakan oleh para wisatawan untuk camping di dekat kawasan puncak yang memang sangat sejuk suasananya. Namun yang perlu diingat bagi para wisatawan yang akan berkunjung di gunung ireng ini adalah agar selalu menjaga kebersihan tempat ini dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan dan tidak melakukan tindakan vandalisme. Marilah kita jaga tempat ini agar kelak masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

Cara Menuju ke Gunung Ireng:

Dari Kota Jogja → Piyungan → Perempatan radio GCD → ( ambil Kanan ) Arah Ke Desa Pengkok → Balai Desa Pengkok → Pertigaan Kebon kuning ambil Kanan → Masuk Gapura Gunung Ireng ( berwarna Hijau ) yang berada di Selatan Jalan.

Mungkin anda tertarik ?   Gunung Andong, gunung mini dengan pemandangan maximal

Apabila anda akan pergi ke Gunung Ireng janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Gunung Ireng, Gunungkidul, Yogyakarta.

sumber gambar : marikitadolan.wordpress.com