paket wisata jogja terbaru

Nikmati Kesejukan Curug Indah Tegalrejo

Monday, March 14th 2016.

Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo ini merupakan salah satu keindahan alam di kabupaten Gunung Kidul yang masih tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tersembunyi disini karena memang masih belum banyak yang mengexplore serta karena letaknya juga yang berada di sudut timur Gunung Kidul.

Secara administratif Curug Indah Tegalrejo ini terletak di dusun Tegalrejo, Desa Gedangsari kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Curug ini mempunyai banyak nama, ada yang bilang namanya curug Bayat karena memang letaknya berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Ada juga yang bilang curug Gedangsari karena memang letaknya di wilayah Gedangsari.

Cara Menuju Curug Indah Tegalrejo

Untuk mengunjungi ke curug ini lebih disarankan pada saat peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, karena menurut warga jika pada saat pertengahan musim kemarau airnya kering. Anda bisa melalui rute pertama yaitu dari jalan wonosari atau memilih rute yang kedua melalui Klaten.

Mungkin anda tertarik ?   Keunikan Pantai Watulawang Gunungkidul

Kebanyakan para traveler memilih menggunakan rute yang kedua karena jalan yang relatif datar dan tidak berkelok-kelok dibandingkan dengan rute yang pertama. Jika anda berangkat dari kota Jogjakarta, rutenya melalui jalan solo, melewati Candi Prambanan, ikuti terus sampai ada pertigaan yang mengarah ke stasiun Srowot Klaten, ikuti jalan yang ada sampai ketemu pasar Wedi. Dari tugu pasar Wedi, kemudian ambil arah kanan yang menuju daerah Bayat. Kemudian dari bayat ambil jalur yang menuju daerah Gedangsari, gunung kidul lalu Ikuti petunjuk arah yang sudah disediakan.



Keindahan Curug Indah Tegalrejo

Pesona keindahan yang ditawarkan oleh curug Indah Tegalrejo ini adalah aliran sungai bawah tebing, yang membentuk air terjun bertingkat-tingkat. Bentuk air terjun ini mirip dengan objek wisata air terjun tujuh bidadari yang terletak di daerah Bandungan, kabupaten Semarang. Namun yang membedakan adalah jarak antar cekungan dan tingkat yang lumayan berjauhan.

Mungkin anda tertarik ?   Sunset dan Pemandangan Parangtritis Paling Ciamik dari Bukit Parang Endog

Pada tingkatan yang membentuk cekungan air ini cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Namun juga harus berhati-hati karena beberapa cekungan cukup dalam dan sangat tidak disarankan bagi anda yang tidak bisa berenang, karena diperkirakan dalamnya sekitar 2 sampai 3 meter.

Sayangnya objek wisata curug indah ini belum dikelola secara maksimal. Sehingga perlu kesinergian antara pemerintah desa dengan pemilik lahan sekitar agar bisa dikembangkan lebih serius. Selain itu perlunya promosi secara luas oleh pemerintah kabupaten gunungkidul diharapkan mampu mengangkat pariwisata di Gunungkidul secara khusus dan Jogjakarta secara umum.

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru