Uji Nyalimu dengan Off Road Lava Tour Merapi

Thursday, February 11th 2016.

Lava Tour Merapi

lava tour merapi

Jika anda merupakan traveler yang menyukai tantangan, maka Lava Tour Merapi ini merupakan destinasi yang cocok untuk menguji nyalimu. Lava Tour Merapi ini menawarkan pengalaman menarik dengan offroad menggunakan Jeep Willy’s , menyusuri daerah yang pada tahun 2006 dan 2010 yang lalu porak poranda karena letusan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia.

Rute Lava Tour Merapi

Daerah Kaliadem yang sebelum terjadi erupsi merapi pada tahun 2006 dan 2010 merupakan kawasan perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang luas. Di Kaliadem ini dulunya fasilitasnya lengkap seperti basecamp pendakian,gardu pandang, warung makan, toilet dan mushola. Namun sekarang daerah kaliadem ini telah berubah bentuk karena tertimbun bekas erupsi Merapi dan hanya terlihat beberapa bagian atas dari bangunan. Oleh pemerintah setempat sekarang digunakan sebagai objek wisata di jogja dengan sebutan lava tour kaliadem. Para pengunjung akan dibawa menggunakan jeep untuk melihat dari dekat bekas erupsi material gunung Merapi serta melihat bunker tempat perlindungan yang ada di Kaliadem. Dengan kontur tanahnya yang menanjak serta banyak pasir dan batuan besar yang berserakan akan membuat Mobil Jeep bergoncang hebat dan memacu andrenalin anda saat mengikuti Lava Tour Merapi ini.

Mungkin anda tertarik ?   Uji adrenalinmu dengan SandBoarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Dengan adanya Lava Tour Merapi ini bisa dijadikan gambaran bagi para pengunjung bagaimana dahsyatnya erupsi Gunung Merapi selain itu wisatawan juga bisa melihat puncak Gunung Merapi karena jarak pandang hanya sekitar 2 km saja dari puncak. Gunung Merapi dengan ketinggan 2965 mdpl ini masih akfif dengan asap sulfataranya yang tak pernah berhenti mengepul dari kawahnya.

Anda juga akan dibawa untuk melihat bunker sisa erupsi merapi, yang dulunya sebagai tempat perlindungan bila sewaktu-waktu Gunung Merapi menyemburkan awan panas. Namun pada waktu itu, erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 selain awan panas, Gunung Merapi juga memuntahkan materialnya yang berupa pasir dan batu sehingga “Geger Boyo” istilah untuk bukit yang berada di bagian selatan Merapi itu tidak mampu menahan material yang dikeluarkan sehingga Geger boyo longsor dan menimbun kawasan Kaliadem ini.

Mungkin anda tertarik ?   Menguji Adrenaline Dengan Wisata Outbond Jogja

Meskipun bunker ini terbuat dari beton setebal 25 cm dan pintunya juga terbuat dari besi. Namun karena fungsi dari bunker ini adalah untuk berlindung dari awan panas saja maka ketika material pasir dan batu menimbun kawasan ini setebal 3 m dan dengan panas sekitar 100 derajat celcius, sehingga relawan yang berlindung di bunker tersebut meninggal.

Kini bunker tersebut sudah dibersihkan dari material merapi dan dicat warna putih, di depan pintu bunker dipasang prasasti yang mengisahkan riwayat tersebut.

Lokasi Lava Tour Merapi

Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta.

Tips Lava Tour Merapi:

Anda disarankan agar jangan makan terlalu banyak sebelum offroad, karena pada saat anda dibawa melewati Kaliadem yang banyak material vulkanik sisa erupsi merapi sehingga kendaraan akan bergoncang hebat dan isi perut akan seperti diaduk-aduk tidak karuan

Mungkin anda tertarik ?   Serunya Rafting Sungai Elo Magelang

Apabila anda akan pergi ke Kaliadem untuk Lava Tour Merapi janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja , homestay jogja, dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Kaliadem , Sleman, Yogyakarta.