paket wisata jogja terbaru

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Monday, February 15th 2016.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

air terjun sri gethuk

Jika anda pernah mendengar objek wisata di Amerika yang bernama Grand Canyon Arizona, mungkin Grand Canyon versi lokalnya yang mempunyai kemiripan yaitu Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul.  Mungkin selama ini referensi destinasi wisata yang ada di gunungkidul hanyalah wisata pantainya saja, seperti pantai indrayanti, pantai siung, pantai baron dan masih banyak pantai-pantai lainnya.

Selain wisata pantai ternyata di kabupaten gunungkidul ini juga menyimpan objek wisata yang tak kalah seru, yakni wisata air terjun Sri Gethuk. Aliran air terjun Sri Gethuk ini baik musim penghujan maupun musim kemarau airnya selalu mengalir selain itu air terjun ini juga memiliki keindahan panoramanya yang sangat sayang untuk anda lewatkan jika anda sedang berwisata di jogja.

Mungkin anda tertarik ?   Puncak Suroloyo, puncak tertinggi di perbukitan menoreh



Setelah anda sampai pada area parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan trekking. Anda bisa memilih menyusuri jalan setapak atau melintasi derasnya Sungai Oya menggunakan rakit sederhana yang sudah dipersiapkan oleh pengelola. Jika anda memilih untuk menyusuri dengan berjalan kaki, maka anda akan disuguhi pemandangan hamparan sawah yang hijau dengan lambaian nyiur kelapa sebagai hiasannya.

Lebih disarankan pada pagi hari jika anda akan menuju objek wisata Air Terjun Sri Gethuk ini karena selain cuacanya yang belum begitu panas aliran Kali Oya juga masih tenang, terutama jika anda memilih untuk melintasi menggunakan rakit.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Asal muasal penamaan air terjun ini konon  dulunya adalah tempat khusus untuk menyimpan kethuk. Kethuk adalah alat musik atau gamelan milik Jin Anggo Meduro. Inilah kenapa tempat ini dinamakan dengan nama Air Terjun Sri Gethuk yang berasal dari nama alat musik atau gamelan tersebut. Hingga sekarangpun terkadang masyarakat masih sering mendengar alunan suara gamelan dari arah lokasi sri gethuk ini.

Mungkin anda tertarik ?   Ngopi di Alam Bebas?? Cobain yuk ngopi sambil menikmati senja di Puncak Becici

Rute Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

Jika anda berangkat dari kota Yogyakarta, anda bisa mengambil arah ke wonosari. Ikuti saja sampai bertemu dengan pertigaan gading. Nanti ada papan petunjuk arah menuju air terjun Sri Getuk. Ikuti saja petunjuk arah tersebut sampai tiba di daerah playen, lalu ikuti saja petunjuk arah sampai menuju ke air terjun ini

 

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru