paket wisata jogja terbaru

Pesta Rakyat Bernama Sekaten Jogja 2017

Friday, November 10th 2017.

Sekaten Jogja 2017

Di bulan November ini pesta rakyat bernama Sekaten Jogja 2017 akan segera dibuka, event tahunan ini rutin diadakan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan bertempat di Alun-Alun Utara atau biasa disebut Alun-Alun Gede. Selain di Jogjakarta, event sekaten juga digelar di Kasunanan Surakarta.

sekaten jogja 2017

Awal Mula Tujuan Diadakannya Sekaten

Sekaten sendiri berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat. Pada jaman dahulu, event Sekaten Jogja ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar lebih mengenal Islam, Upacara sekaten pertama kali digelar oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke 1 yang di desain sebagai pesta rakyatnya rakyat Jogjakarta.

Rangkaian event Sekaten Jogja 2017 ini akan dimulai dengan acara iring-iringan abdi dalemĀ  sambil membawa dua set gamelan yang bernama Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Kedua gamelan ini akan dibawa di depan halaman Masjid Agung. Gamelan Kyai Nogowilogo akan ditempatkan di sisi sebelah utara sedangkan gamelan Kyai Gunturmadu berada di pagongan selatan yang nantinya kedua gamelan ini akan digunakan selama perayaan sekaten digelar.

Mungkin anda tertarik ?   Spot Riyadi Prambanan, Lokasi Terbaik Memotret Candi Prambanan dari Kejauhan

Apa saja yang bisa kamu temukan di Perayaan Sekaten Jogja 2017 ini?

Perayaan sekaten bertempat di alun-alun utara keraton jogjakarta. Di area alun-alun utara ini akan bediri banyak sekali stand yang menjajakan beraneka macam dagangan. Mulai dari kuliner, oleh-oleh khas jogja serta wahana mainan untuk anak-anak maupun dewasa bisa kamu temui disini.

Puncak acara Sekaten Jogja 2017 ini adalah pada hari H maulid Nabi Muhammad SAW yang dimulai pada pukul 8 pagi. Dimulai dengan dibawanya Gunungan berisi aneka hasil bumi berupa beras ketan, sayuran, buah-buahan yang dibawa dari Istana Kemadungan menuju ke Masjid Agung yang dikawal oleh para prajurit kraton. Makna dari gunungan ini adalah menyimbolkan kesejahteraan kerajaan mataram yang bermakna dari rakyat dan kembali untuk rakyat karena gunungan yang berupa hasil bumi ini kemudian nanti akan dibagi-bagikan lagi kepada masyarakat.

Mungkin anda tertarik ?   Festival Kesenian Yogyakarta 2016



Yuk, buat kamu yang berencana liburan ke jogja pada akhir tahun ini. Jangan sampai lupa untuk mampir ke sekaten jogja 2017 ya. Jika kamu bingung kamu bisa pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja bersama jpswisata.com agar liburanmu di jogjakarta semakin berkesan dan memorable.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Konsultasikan Paket Wisatamu :

Nama Lengkap (required)

No Telepon (required)

Email (required)

Alamat/Kota

Paket Wisata

Pesan Tambahan

paket wisata jogja terbaru