Serunya Menyusuri Goa Jepang di Kaliurang

Friday, March 6th 2020.

Salah satu goa buatan peninggalan jaman penjajahan jepang yang berada di daerah kaliurang ini dinamakan Goa Jepang. Goa yang berada di kawasan wisata alam kaliurang ini mulai dibangun sekitar tahun 1942 sampai dengan 1945.

Fungsi utama dari dibangunnya goa jepang kaliurang ini adalah sebagai tempat berlindungnya para tentara Jepang dari serangan tentara sekutu pada tahun-tahun tersebut.

Goa Jepang yang berada di kawasan wisata kaliurang memiliki fungsi yang berbeda jika dibandingkan dengan Goa Jepang yang berada di daerah Berbah Sleman yang digunakan tentara Jepang sebagai gudang amunisi penyimpanan senjata, peluru dan bom.

pintu masuk goa jepang

Goa Jepang Kaliurang Sebagai Peninggalan Sejarah

Goa Jepang Kaliurang ini berada di bukit Plawangan dengan 25 goa buatan yang satu dengan lainnya memiliki ruang yang terhubung. Untuk menuju ke Goa Jepang kaliurang ini, dari pintu masuk Nirmolo, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Mungkin anda tertarik ?   Cave Tubing Goa Pindul, Serunya menjelajah perut bumi

Setelah sampai di area Goa Jepang, sudah ada pemandu wisata yang akan menjelaskan secara detail tentang sejarah mengenai Goa Jepang Kaliurang ini kepada pengunjung. Diharapkan pengunjung bisa mengambil nilai edukasi tentang sejarah Goa Jepang tersebut dengan mengetahui sejarah serta seluk beluknya.

Biaya masuk Goa Jepang serta pemandu wisata cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa sekalipun. Karena lokasi Goa jepang yang gelap, pengunjung disarankan untuk membawa lampu senter sebagai penerangan saat melakukan susur goa.

goa jepang kaliurang

Menikmati Gagahnya Gunung Merapi dari Puncak Bukit Plawangan

Setelah puas menyusuri Goa Jepang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Bukit Plawangan. Dari puncak Bukit Plawangan, pengunjung bisa melihat pemandangan gagahnya Gunung Merapi serta pemandangan alam sekitar wisata kaliurang yang masih asri dengan banyaknya pepohonan yang  hijau.

Mungkin anda tertarik ?   Gunung Andong, gunung mini dengan pemandangan maximal

Tips saat berkunjung ke Goa Jepang dan Puncak Bukit Plawangan adalah siapkan stamina dengan rajin berolah raga karena medan pendakiannya lumayan berat dan menguras tenaga. Terlebih di musim penghujan seperti saat ini, jalanan menjadi licin dan harus extra hati-hati agar tidak terpeleset.