Yuk Nyobain Surfing di Pantai Wediombo Jogjakarta

Tuesday, February 13th 2018.

Pantai Wediombo yang terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul ini merupakan salah satu pantai di Jogjakarta yang sangat potensial untuk olahraga surfing, karena di Pantai Wediombo ini mempunyai ombak yang bagus dibandingkan dengan pantai pantai lainnya di Gunungkidul.

Selain potensial untuk olahraga surfing, pesona keindahan pantai Wediombo pun tak kalah cantik. Disini kamu bisa melihat hamparan pasir putih dengan gugusan batu karang yang masih sangat alami.

surfing pantai wediombo

Pantai Wediombo adalah Lokasi Surfing Terbaik di Jogjakarta

Berenang di pantai atau bermain pasir mungkin sudah terlalu mainstream ya untuk menghabiskan waktu bermain di pantai, kenapa tidak mencoba untuk sesuatu hal yang baru? Surfing atau snorkeling contohnya, untuk mencoba snorkeling kamu bisa mencoba ke pantai Nglambor atau pantai wediombo ini, sedangkan untuk surfing harus dibutuhkan nyali yang lebih gede lagi dan di pantai inilah tempat yang paling cocok untuk mencoba surfing.

Mungkin anda tertarik ?   Pantai Jungwok, tempat favorit untuk camping bareng teman-teman

Belum lama memang pantai Wediombo ini terkenal bagi kalangan para pemburu ombak, berbeda dengan ombak yang ada di parang tritis, di sini ombaknya stabil dan tidak berubah-ubah sehingga cocok untuk surfing. Hal ini karena pantai wediombo berada di teluk yang dikelilingi bukit karang.

laguna pantai wediombo

Sesuai dengan namanya Wediombo yang dalam bahasa jawa artinya pasir yang luas merupakan pantai yang memiliki garis pantai yang lumayan luas jika dibandingkan dengan pantai pantai di sekitarnya. Wisatawan harus berjalan kaki menelusuri anak tangga mulai dari tempat parkir sampai ke bibir pantainya.

Selain berselancar, di pantai wediombo ini wisatawan juga bisa mencoba snorkeling dan menikmati sunset yang syahdu, pemandangan dijamin oke oce deh.

Jika kamu beruntung, di pantai ini dalam setahun sekali mengadakan upacara adat ngalangi, yakni upacara adat yang merupakan perwujudan syukur atas hasil panen yang sudah didapat dan harapan agar di tahun selanjutnya hasil panen akan semakin melimpah. Acara kemudian dilanjutkan dengan melarung sesaji ke tengah lautan, selain itu ada juga acara menangkap ikan menggunakan gawar, gawar ini adalah jaring yang dibuat dari pohon wawar. Hasil tangkapan tersebut kemudian dimasak dan dimakan bersama-sama.

Mungkin anda tertarik ?   Hunting Foto Prewed di Hutan Pinus Mangunan

sunset pantai wediombo

Lokasi Pantai Wediombo

Pantai ini secara administratif berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai-pantai gunungkidul lainnya seperti krakal, kukup, siung, indrayanti, Pantai Wediombo ini letaknya paling timur sehingga membutuhkan waktu tempuh yang lumayan lama jika kamu berangkat dari Kota Jogjakarta. Estimasi waktunya sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam perjalanan jika dalam keadaan lancar.

Daftar Harga Tiket di Pantai Wediombo

  • Untuk tiket retribusi masuk kawasan pantai, pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5000 / orang
  • Untuk tiket parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp. 2000 / motor, jika menginap Rp. 4000/ motor
  • Untuk tiket parkir mobil dikenakan biaya Rp. 5000 / mobil, jika menginap Rp. 10.000 / mobil
  • Untuk kamu yang ingin mencoba surfing, bisa mengunjungi WOSS (Wedi Ombo Surfing Society) dengan biaya Rp.100.000 kamu sudah bisa merasakan sensasi surfing dengan fasilitas papan surfing, pemandu dan foto.
  • Tarif Snorkeling wisatawan ditarik biaya Rp. 30.000 lokasi di area pantai dan Rp. 80.000 jika lokasinya agak ke tengah (harus naik kapal) dengan peserta minimal 6 orang.
  • Sewa motor trail dipatok tarif Rp. 100.000
  • Sewa tenda camping kapasitas 4 orang Rp. 35.000
Mungkin anda tertarik ?   Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh Kulon Progo

Itulah sedikit cerita tentang pesona keindahan pantai wediombo yang bisa kalian coba kunjungi. Waktu yang tepat untuk berkunjung di pantai ini adalah pada bulan april – agustus, dimana curah hujan sudah jarang. Jika kamu tertarik, kamu bisa memilih paket wisata jogja dari jpswisata.com. Kami siap membantu anda mereferensikan tempat wisata jogja yang sesuai dengan keinginanmu.