Uji adrenalinmu dengan SandBoarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Monday, February 29th 2016.

gumuk pasir parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata jogja memang tidak ada matinya, jogjakarta kaya akan aneka macam tempat wisata dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, wisata air, wisata adventure, yups jogja memang istimewa. Di jogjakarta ini meskipun kotanya cuman kecil tapi komplet, bahkan di jogjakarta ini ada pula padang pasir, tidak percaya?? silahkan anda berkunjung ke gumuk pasir  parangkusumo yang berada di antara pantai parangtritis dan pantai depok. Disana ada sebuah gumuk atau dalam bahasa indonesia artinya gundukan. Karena gumuk pasir ini berupa pasir yang halus layaknya padang pasir, sehingga banyak yg menyebut tempat ini padang pasirnya jogja.

Gumuk pasir Parang Kusumo, Satu-satunya di ASEAN

Kabarnya “gumuk pasir” ini merupakan padang pasir satu-satunya di Asia Tenggara loh, warga jogja patut untuk berbangga, sehingga objek wisata alam di jogja ini harus dipelihara supaya tidak rusak. Gumuk pasir ini sudah terbentuk dari ribuan tahun yang lalu dari material abu vulkanik gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa arus air sungai sampai ke pantai selatan. Setalah sampai di Pantai Selatan kemudian abu tersebut tergerus ombak dan terbawa ke pinggir. Karena abu vulkanis yang sangat lembut tersebut, pasir-pasir ini terbawa angin hingga membentuk banyak gundukan di sepanjang tepi pantai. Karena fenomena alam yang sangat unik ini hanya terjadi di dua tempat saja, di gumuk pasir parangkusumo ini dan satunya lagi di Mexico.

Mungkin anda tertarik ?   Camping Asik di Gunung Api Purba Nglangeran

Salah satu cara menikmati gumuk pasir yakni dengan mencoba sandboarding. Sandboarding ini mirip dengan skateboarding dan surfing yang sama-sama menggunakan papan seluncur, namun yang membedakannya adalah media untuk berseluncur, karena sandboarding menggunakan media pasir untuk meluncur. Karena pasirnya yang sangat lembut, anda tidak perlu takut jika jatuh, karena tidak akan membuat cidera yang serius. Namun kamu perlu memakai pelindung tubuh juga sebagai salah satu cara untuk meminimalisir jika jatuh serta untuk melindungi tubuh dari panasnya terik matahari, karena memang cuaca pantai memang sangat panas jika di malam hari.

Anda tertarik kesini untuk menguji adrenalinmu dengan bermain sandboarding?? Aksesnya mudah kok, anda cuman perlu menuju ke arah pantai parangtritis. Setelah melewati gerbang masuk pantai parangtritis, anda tinggal mencari tanda di pinggir jalan yang mengarahkan ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Anda bisa menyewa papan sandboardingnya hanya dengan kocek antara 150rb sampai 200rb dan bisa dipakai sepuasnya. Sangat rekomended banget buat para traveler pemuja adrenalin.

Mungkin anda tertarik ?   Menguji Adrenaline Dengan Wisata Outbond Jogja

Selain untuk sandboarding, di gumuk pasir parangkusumo ini juga sering digunakan untuk pembuatan video klip maupun untuk sesi pemotretan prewed. Anda tidak perlu jauh-jauh sampai ke afrika hanya untuk sekedar melihat padang pasir, namun cukup datang ke jogja saja ke gumuk pasir ini dijamin suasanya yg mirip padang pasir bisa anda rasakan.

Jika anda sudah capek bermain sandboarding, anda bisa menikmati kuliner ikan laut di Pantai Depok dan setelah senja anda bisa menikmati indahnya sunset dari bukit parang endog. Lengkap sudah perjalanan wisata liburan anda di jogja

 Tips Mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo :

  1. Untuk bersandboarding ria, disarankan pada sore hari, sekitar jam 3-4 sore, ketika terik matahari sudah mulai berkurang.
  2. Pakailah sepatu untuk melindungi kaki dari panasnya pasir
  3. Bawalah air minum yang banyak, karena olahraga sandboarding ini membutuhkan tenaga yang extra, sehingga banyak cairan tubuh yang keluar. Minimal 1,5 liter air sudah cukup.
  4. Jika anda sudah mahir, silahkan mencoba gundukan yang tinggi. Namun jika anda masih tahap pemula, disarankan pilih gundukan yang lebih rendah dulu.
Mungkin anda tertarik ?   Ayunan Langit, Salah Satu Destinasi Wisata Adrenalin di Kulon Progo