Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

Wednesday, June 15th 2016.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta atau biasa disingkat TPY merupakan salah satu wisata edukasi yang populer di Yogyakarta. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang bisa dijadikan sarana untuk menghilangkan penat sekaligus sebagai menambah wawasan bagi anak-anak karena di Taman Pintar ini terdapat wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap. Dengan bangunannya yang menampilkan nuansa modern dan tradisional menjadikannya keindahan tersendiri.

taman pintar

Sejarah Taman Pintar Jogjakarta

Taman pintar ini berdiri berawal dari gagasan walikota yogyakarta Herry Zudianto ini dibagun diatas tanah seluas 12 ribu meter persegi. Wisatawan yang datang bisa langsung mencoba dan menyaksikan hasil karya dari sebuah inovasi dan permainan yang menarik bertema edukasi bagi anak-anak.

Taman Pintar Yogyakarta ini terinspirasi dari berdirinya pusat peragaan iptek yang sudah ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jakarta. Taman Pintar mulai dibangun pada bulan Mei 2006 dan setahun kemudian pada tanggal 9 Juni 2007 diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Menristek Kusmayanto Kadiman, P.h.D dan Mendiknas Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Mungkin anda tertarik ?   Ini dia 5 Event Tahunan Jogja yang wajib anda kunjungi

Taman pintar ini menawarkan konsep edukasi atau pembelajaran dengan memadukan konsep pendidikan dan permainan, menggunakan media yang menarik sehingga menimbulkan rasa ingin tahu anak serta memancing kreatifitas anak terhadap teknologi.

Taman Pintar mempunyai maskot berupa Burung Hantu yang memakai blangkon. Burung hantu melambangkan burung yang mempunyai kepekaan yang tinggi dan sanggup merasakan dan mempelajari keadaan alam serta lingkungan di sekitarnya. Sedangkan Blangkon merupakan aksesoris pakaian adat khas Yogyakarta yang digunakan untuk menutup kepala laki-laki.

Taman pintar berisi materi yang terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Untuk kelompok usia masih dibagi lagi menjadi 3 yakni kelompok pra sekolah, taman kanak-kanak dan kelompok sekolah dasar sampai sekolah menengah. Sedangkan untuk penekanan materinya disampaikan dalam bentuk interaksi dengan pengunjung wahana melalui bentuk anjungan. Seperti anjungan pengenalan, anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permainan dan anjungan penerapan iptek.

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Favorit Di Bali Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Secara garis besar konsep pembelajaran yang di aplikasikan di taman pintar ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan yang sudah diberikan di sekolah ditengah lesunya menurunnya minat baca dari masyarakat dan anak-anak pada khususnya.

Dengan menggunakan alat peraga diharapkan anak-anak menjadi lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuannya dan dapat menyelesaikan masalah dengan pola pikirannya sendiri. Orang tua anak diharapkan aktif dalam memilih wahana pembelajaran dan permainan yang sesuai dengan usia anak.

Zona yang ada di Taman Pintar

Taman pintar ini berisi enam zona yang didalamnya terdapat isi materi antara lain : Gedung Memorabilia, Gedung Kotak Lantai 2, Gedung Oval Lantai 2, Gedung Oval Lantai 1, Gedung Paud Barat dan Timur dan Playground Area.

Mungkin anda tertarik ?   Mau Tau Rekomendasi Obyek Wisata Jogja yang Menarik? Yuk lihat daftarnya

Di zona-zona tersebut terdapat beberapa wahana tersendiri seperti taman bermain, titian penemuan, penjelajah kecil, jembatan sains, petualangan lingkungan, titian sains, indonesiaku, teknologi canggih dan populer.

Berbagai permainan menarik dan mendidik dengan nama menggelitik terdapat di Playground Arena ini. Selain Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir.

Secara keseluruhan, Taman Pintar ini cukup representatif dan cukup mendidik, sehingga layak menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak.

Tertarik untuk mengunjungi Taman Pintar dengan wahana permainan yang mendidik bagi putra putri anda? JPS Wisata siap untuk mendampingi anda tour liburan jogja.