Wisata Gunungkidul, Pesona Wisata Tersembunyi Yogkakarta

Saturday, September 24th 2016.

Wisata Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki kondisi geografis yang cukup berbeda apabila dibandingkan dengan empat kabupaten lain di wilayah ini. Diantara kabupaten lain yang memiliki kondisi tanah subur dan hijau, gunungkidul justru dikenal dengan daerah perbukitan dan pegunungan kapur yang tandus, dan sering dilanda kekeringan dan krisis air bersih. Namun siapa sangka dengan letaknya yang berada di bagian selatan pulau jawa, Gunungkidul menjadi destinasi wisata paling diminati. Ada berbagai wisata alam gunungkidul seperti dataran tinggi vulkanis, sungai bawah tanah, goa, dan juga deretan pantai. Gunungkidul juga dapat menjadi pesona wisata jogja. Destinasi wisata di tempat ini memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

5 Destinasi Wisata Alam Gunungkidul

1. Air Terjun Sri Gethuk

Pesona wisata alam air terjun sri gethuk merupakan salah satu yang tak boleh dilewatkan ketika Anda mengunjungi gunungkidul. Sri gethuk berada di dusun Bleberan ,kecamatan Playen Gunungkidul. Air terjun ini berada diantara dua tebing yang menghimpitnya sehingga terlihat layaknya grand canyon. Air sungai dibawah air terjun sangat sejuk, dan dapat Anda nikmati sensasi kesegarannya. Sungguh sangat menarik menemukan sumber air seperti ini di daerah tandus seperti gunungkidul. Pemandangan air terjun di dampingi lingkungan sekitar air terjun yang asri membuat wisata alam ke tempat ini sangat mengasyikkan.

Mungkin anda tertarik ?   Mau Tau Rekomendasi Obyek Wisata Jogja yang Menarik? Yuk lihat daftarnya

sri gethuk

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata alam gunungkidul juga dapat Anda lakukan di Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung api purba nglanggeran merupakan sebuah gunung yang berbentuk bongkahan batu besar. Para ahli memperkirakan usia gunung api purba nglanggeran ini mencapai enam puluh juta tahun. Ada banyak hal yang ditawarkan ketika Anda mengunjungi wisata alam ini. Gemerlap pemandangan kota jogja dapat Anda saksikan lewat ketinggian ketika berada di atas gunung api purba ini. Selain itu sunrise juga dapat Anda nikmati lewat ketinggian di gunung ini.

gunung api nglanggeran

3. Pantai Indrayanti

Pantai indrayanti merupakan pantai yang dapat menjadi destinasi wisata alam gunungkidul selanjutnya. Pantai ini memiliki pasir putih yang menawan. Birunya laut dan hamparan pasir putih akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata Anda. Anda juga dapat bersantai sambil menikmati deburan ombak melalui tebing yang berada di bibir pantai. Tebing ini dapat dijangkau dengan menaiki tangga yang telah dibuat oleh warga sekitar.

Mungkin anda tertarik ?   Yuk Kunjungi Menoreh Art Festival di Kulon Progo

pantai indrayanti gunung kidul

4. Goa Pindul

Goa Pindul terletak di desa bejiharjo, dan berjarak sekitar 12 km dari Kota Wonosari. Sensasi petualangan menyusuri goa akan Anda rasakan di goa ini. Penyusuran goa pindul dilakukan dengan menggunakan ban dan mengikuti arus sungai yang melewati gua. Panjang goa pindul adalah 300 meter. Kegiatan penyusuran goa ini dapat disebut sebagai cave tubing karena merupakan kombinasi kegiatan body rafting dan caving. Stalagtif dan stalagmit akan Anda temukan di sepanjang goa pindul.

Goa pindul jogja

5. Pantai Ngobaran

Salah satu yang unik dari tempat wisata alam gunungkidul yang satu ini adalah adanya candi yang menjadi tempat ibadah umat Hindu layaknya ketika berada di pulau Bali. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Ketika air surut, maka terdapat hamparan rumput laut hijau menyerupai sawah. Terdapat pula biota laut seperti ikan warna-warni, landak laut, bintang laut di balik karang yang dapat Anda temui ketika air laut surut. Demikianlah ulasan singkat kami tentang destinasi wisata alam gunungkidul

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Jogja Yang Sering Dikunjungi Saat Lebaran

pantai ngobaran gunung kidul