Wisata Keluarga di Pantai Glagah Kulon Progo

Monday, November 4th 2019.

Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai yang tersebar di sepanjang pesisir pantai selatan yang berada di wilayah Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Salah satu pantai yang terkenal di Kulon Progo adalah pantai Glagah yang berada di kecamatan temon.

Pantai Glagah sendiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai andalan kabupaten Kulon Progo meskipun akhir-akhir ini banyak tempat wisata baru di Kulon Progo yang menyita perhatian wisatawan seperti objek wisata berbasis alam di Kalibiru, namun pantai Glagah tetap memiliki pesonanya sendiri.

pantai glagah

Yang membuat perbedaan antara pantai glagah dengan pantai-pantai lainnya di Kulon progo seperti pantai congot atau pantai trisik adalah adanya tetrapod atau biasa disebut sea wall alias pemecah ombak yang hanya ada di pantai glagah. Fungsi dari pemecah ombak ini adalah untuk melindungi dermaga dari ganasnya deburan ombak pantai selatan yang terkenal ganas.

Mungkin anda tertarik ?   4 Rekomendasi Wisata Di Cilacap Ini Wajib Dikunjungi Untuk Destinasi Wisata Selanjutnya

Nah, lokasi sea wall inilah yang menjadi daya tarik pengunjung pantai glagah. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk prewed atau hanya sekadar untuk background foto selfie yang instagramable.

Selain sea wall yang menjadi daya tarik pantai glagah, ada lagi keistimewaan pantai glagah dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogjakarta yakni dengan adanya laguna yang membentuk kolam alami. Di laguna ini pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berkeliling dengan perahu atau bermain bebek-bebek an, bagi yang hobi memancing spot di laguna pantai glagah ini merupakan salah satu spot yang menarik untuk menyalurkan hobi memancing.

pantai glagah kulon progo

Selain berkeliling menggunakan perahu, pengunjung bisa juga berkeliling pantai menggunakan ATV atau menggunakan Trail. Pengunjung bisa menyewa kendaraan tersebut di tempat penyewaan yang sudah disediakan.

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Keluarga di Agrowisata Bhumi Merapi

Setelah puas berkeliling pantai, pengunjung bisa mampir ke kebun buah naga yang lokasinya tak jauh dari pantai. Kebun buah naga ini bernama Agrowisata Kusumo Wanadri. Pengunjung bisa belajar tata cara penanaman hingga perawatan buah naga yang terkenal kaya akan kandungan vitaminnya.

Lokasi dan Rute Pantai Glagah

Pantai Glagah ini lokasinya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai Glagah pengunjung cukup mengarahkan kendaraan ke jalan Jogja Wates menuju arah barat, sampai perlimaan nyi ageng serang masih terus lanjut ke barat sampai bertemu plakat petunjuk arah pantai Glagah kemudian ambil kiri. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai ke pantai Glagah.

Mungkin anda tertarik ?   Hunting Foto Prewed di Hutan Pinus Mangunan

 

Harga Tiket dan Parkir Pantai Glagah

Harga tiket masuk pantai glagah lumayan murah, tiket masuk per orang hanya 5rb rupiah saja. Untuk tarif parkir dikenakan biaya 3000 untuk roda dua dan 10rb untuk roda 4.

 

Fasilitas Pantai Glagah

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung pantai glagah lumayan lengkap seperti :

  • Penginapan
  • Toilet / kamar mandi
  • Area parkir
  • Mushola
  • Arena bermain anak
  • Warung makan
  • Persewaan ATV,perahu