Wisata Pantai Yang Timang Menguji Adrenalin

Tuesday, October 11th 2016.

Salah satu wisata alam kota Jogja yaitu wisata pantai timang yang mana disini anda akan terpesona dengan keindahan alamnya. Selain itu, disini anda juga dapat menguji adrenalin anda, menawarkan pengalaman seru dan tak terlupakan.

Pantai Timang tempat yang cocok untu menguji nyalimu, berani coba?

Tempat wisata ini adalah sebuah pantai indah dengan deburan ombaknya yang berlokasi di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini dapat dikatakan pantai berbatu dan terjal. Jika anda berkunjung kesini tidak akan rugi karena ini adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk anda.

pantai timang gunung kidul
Kereta Gantung Tradisional di Pantai Timang

Jika sebelumnya dijelaskan mengenai wisata pantai Timang yang berbatu dan terjal,namun terdapat hal lain yang harus anda ketahui bahwa pantai Timang ini dibagi menjadi dua areal, yaitu sebelah timur dan barat. Pada bagian timur adalah sebuah pantai pasir putih seperti kebanyakan pantai putih lainnya. Sedangkan untuk bagian barat berupa perbukitan batu-batuan yang terjal.

Mungkin anda tertarik ?   Cave Tubing Goa Pindul, Serunya menjelajah perut bumi

Di bagian barat ini, anda akan melihat batu besar kokoh yang berdiri di pinggir pantai. batu besar tersebut dikenal dengan Pulau panjang, batu panjang dan ada juga yang menyebutnya pulau timang.
Mungkin anda akan takjub dengan keindahan disana, karena wisata pulau timang ini sangat mengesankan. Pulau tersebut tidak seperti pulau pada umumnya karena pulau tersebut berupa bongkahan batu karang besar dengan tebingnya yang begitu curam.

Jika anda ingin sampai ke pulau tersebut, ada sebuah kereta gantung tradisional yang mana alat tersebut terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai pula dengan tambang tali plastik. Kereta gantung tersebut sangat kuat dan mampu menopang berat badan seseorang. kemudian, untuk sampai kesana, ada beberapa orang yang menariknya sehingga kereta gantung tersebut akan bergerak menuju pulau itu.
Wisata ke pulau timang yang unik ini tentunya butuh mental yang kuat jika anda ingin menaiki kereta gantung tersebut. pasalnya, pulau timang tersebut berada di tengah lautan dengan ombak yang dahsyat. Diperkirakan 50-100 m jaraknya untuk bisa sampai ke pulau tersebut. jadi, disini adrenalin anda benar-benar teruji.

Mungkin anda tertarik ?   Gunung Andong, gunung mini dengan pemandangan maximal

Bagi anda yang menyukai hal-hal seperti itu, boleh anda mencobanya. Sepanjang jarak tersebut, anda akan melintasi lautan sendirian dengan menaiki keretanya.
Wisata menuju pulau timang memang berat dan membutuhkan perjuangan yang keras. Namun, masyarakat setempat menyatakan di pulau tersebut mereka mendapatkan hasil laut yang paling baik. Jadi, untuk sampai ke pulau itu, masyarakat tersebut menggunakan kereta gantung ini. banyak hasil laut yang di dapat disana, terutama lobster yang memang memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk itu, tak heran jika masyarakat nelayan yang ada disana rela melintasi lautan dengan ombak dahsyat tersebut untuk bisa sampai kesana. Pemandangan laut disana memang cukup indah untuk menjadi objek wisata. Namun, perlu anda ketahui bahwa pantai ini belum menjadi objek wisata resmi sehingga wajar jika tidak ada fasilitas apapun. Dengan demikian, jaminan keselamatan dan asuransi juga belum ada.

Mungkin anda tertarik ?   Curug Sidoharjo, Samigaluh Kulonprogo

kereta gantung itu memang dikhususkan untuk para nelayan yang ingin mencari hasil laut. Mereka tentu sudah berpengalaman dalam hal ini. Wisatawan tentu tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya karena akan berbahaya untuk keselamatan mereka terlebih tempat tersebut belum menjadi objek wisata resmi. Wisata pulau timang ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di pantainya jika anda dari Jogjakarta. Jarak dari Wonosari sekitar 35 km untuk sampai di pantai tersebut.