Yuk Kunjungi Mini Hollywood Indonesia di Studio Alam Gamplong

Friday, October 11th 2019.

Yogyakarta merupakan sebuah kota yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, kota ini memiliki sisi kebudayaan dan wisata yang luar biasa bagusnya. Banyak sekali wisata-wisata baru bermunculan di Jogjakarta. Nah, destinasi wisata berikut ini sedang ngehits gaes karena sering dipergunakan untuk syuting film layar lebar.

Dikenal dengan sebutan Mini Hollywoodnya Indonesia, studio alam gamplong ini berdiri pada akhir tahun 2017 yang diprakarsai oleh Mooryati Soedibyo. Buat yang belum kenal, beliau adalah pendiri sekaligus pemilik perusahaan Mustika Ratu Group.

studio alam gamplong

kampung pecinan di studio alam gamplong

Studio Alam Gamplong ini memiliki luas 2 hektar yang awalnya dibangun untuk keperluan shooting film Sultan Agung ” The Untold Story” besutan sutradara Hanung Bramantyo yang kebetulan juga asli jogja. Film layar lebar Sultan Agung ini merupakan film yang bertemakan drama kolosal yang menceritakan kisah perjuangan Sultan Agung dalam melawan penjajahan Belanda.

Mungkin anda tertarik ?   Prawiro Coffee Festival 2017

Mengambil setting abad ke 16 dan 17, lahan seluas 2 hektar ini kemudian disulap dengan berbagai macam bangunan semi permanen untuk keperluan syuting. Bangunan seperti gerbang keraton karta kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Benteng Holandia atau batavia, kawasan kampung mataran hingga kampung pecinan ada di Studio Alam Gamplong ini.

Setelah selesai digunakan untuk set film sultan agung, bangunan yang ada di komplek Studio Alam Gamplong ini kemudian dihibahkan kepada pemkab kabupaten sleman agar dikelola supaya bisa meningkatkan perekonomian warga masyarakat Gamplong dan sekitarnya dengan adanya studio alam ini.

Setelah film sultan agung tayang di bioskop, banyak penonton yang penasaran dengan set lokasi syuting tersebut sehingga kini Studio Alam Gamplong ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Studio Alam Gamplong juga digunakan sebagai salah satu set lokasi untuk film layar lebar lainnya yang berjudul Bumi Manusia, sebuah film yang menceritakan kisah dua anak manusia pada jaman kolonial yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer.

Ingin berkunjung ke Studio alam gamplong yang unik ini? yuk explore keindahan jogjakarta bersama jpswisata.

Mungkin anda tertarik ?   Festival Kesenian Yogyakarta 2016

studio alam gamplong

Lokasi Studio Alam Gamplong

Berada di desa wisata Gamplong yang secara administratif berada di dusun Gamplong I, kelurahan Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Studio alam Gamplong ini beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Untuk menuju ke studio alam gamplong ini pun cukup mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, bahkan untuk bus pariwisata pun bisa masuk ke lokasi.

Harga Tiket dan Parkir Studio Alam Gamplong

Untuk biaya tiket masuk, pengunjung tidak dipungut biaya namun hanya dikenakan biaya parkir saja, untuk motor sebesar 2rb rupiah dan untuk mobil 5rb rupiah.

Fasilitas Studio Alam Gamplong

Untuk fasilitas yang disediakan di studio alam gamplong ini lumayan lengkap gaes, ada area parkir yang luas, toilet, toko souvenir, warung makan serta berbagai set untuk berfoto yang instagramable.

Mungkin anda tertarik ?   Yuk Rasakan Dunia Serba Terbalik di Upside Down World Jogja