Beranda » Wisata Alam » Pantai Wohkudu, Keindahan Tersembunyi Diantara 2 Tebing

Pantai Wohkudu salah satu dari sekian banyak pantai yang ada dijogjakarta yang masih alami dan belum dibanyak dijamah oleh para wisatawan.

Hening, damai itulah yang akan dirasakan bagi siapapun yang menginjak kakinya dipantai wohkudu. Tempatnya yang tersembunyi menjadi kesan tersendiri bagi para wisatawan karena tempat tersebut masih alami dan suasana pantai beda dari pantai – pantai lainnya.

pantai wohkudu jogja

pantai wohkudu jogja

Pantai wohkudu termasuk pantai yang kecil dengan lebar hanya 20-25 meter. Bagi anda yang ingin mencari ketenangan dan menyepi sebentar dari hiruk pikuk kota setelah berbulan – bulan anda bekerja keras sepertinya pantai wohkudu sangatlah cocok untuk anda.

Suasana pantai yang sunyi, tenang dan sepi, sungguh membuat anda rileks kembali. Ditambah lagi suasana pantai yang masih alami memanjakan mata bagi siapa saja yang menginjakan kaki di pantai wohkudu.

Kebanyakan wisatawan yang datang kepantai wohkudu membawa peralatan camping. Mereka tidak sekedar datang pagi setelah menjelang sore akan pulang, tetapi mereka akan mendirikan tenda camping dan bermalam dipantai tersebut.

Di pantai ini memang terdapat area khusus untuk bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda. Wisatawan dapat mendirikan tenda secara bersama – sama atau berbaur dengan wisatawan lain yang ingin berkemah juga.

Pemandangan yang dominan hijau menjadi surgawi bagi mata siapa yang memandang ciptaan allah swt. Terletak diantara himpitan dua bukit karang menjadikan pantai wohkudu memiliki hamparan pasir yang luas. Sehingga pantai tersebut seolah tersembunyi dari dunia luar.

pantai wohkudu gunung kidul

pantai wohkudu gunung kidul

Walaupun pantai wohkudu mempunyai hamparan pasir yang luas, namun camping ground dilakukan ditempat area yang ditumbuhi rumput, supaya lebih nyaman saat tidur dan tubuh anda tidak kotor dengan pasir. Pengalaman camping dipantai wohkudu akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Lokasi Pantai Wohkudu

Pantai wohkudu ini terletak di dusun wiloso, desa girikarto, kecamatan panggang, kabupaten gunung kidul, 1km di sebelah timur pantai kesirat. Untuk sampai ke tempat tujuan jarak yang ditempuh kurang lebih 2 jam dari kota jogja melalui rute jl. Wonosari ataupun jl. raya imogiri.

Mungkin anda tertarik ?   Bukit Klangon Kaliurang, Spot Foto Fotogenik Berlatar Gunung Merapi

pantai wohkudu gunungkidul
Rute Menuju Pantai Wohkudu

  • Pilihan rute pertama, apabila anda melalui jl. Wonosari, anda hanya perlu melewati jl. Wonosari sampai kecamatan panggang, terus kea rah desa girikerto, sampailah anda dikampung nglaos.
  • Pilihan rute kedua, apabila anda ingin melalui jl. Raya imogiri, anda bisa melalui pasar imogiri terus kea rah jembatan sungai oyo, kemudian kearah pantai gesing. Meski jalur yang kedua ini lebih cepat dari pada jalur pertama yang melalui jl wonosari, namun saya ingatkan untuk tetap berhati – hati sebab jalur ini berbelok – belok dan menanjak.

Dipantai wohkudu memang tidak terdapat area parkir kendaraan. Namun anda akan hanya menemukan sebuah gubug yang bisa untuk memarkirkan kendaraan tetapi tidak ada penjaganya atau petugas parkir.

Akses jalan menuju kepantai wohkudu pun masih tergolong jelek. Untuk sesampainya dipantai wohkudu wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang melewati ladang – ladang pertanian milik warga setempat.

Saat anda melalui jalan setapak anda harus hati – hati dalam memilih jalan, sebab jalan setapak tersebut masih banyak tanaman liar yang tumbuh dengat lebat.

Sepanjang jalan akan menemukan simpangan jalan setapak yang kadang cukup membingungkan dan menyesatkan. Supaya tidak tersesat alangkah baiknya anda bertanya dengan penduduk yang sedang bekerja diladang tersebut.

Perjalanan wisatawan tidak sampai disitu saja, setelah melewatai ladang yang penuh dengan semak berlukar dan rerimbunan pohon jati, wisatawan masih harus melalui jalan setapak yang berada diatas tebing.

Dari atas tebing inilh sudah terlihat vegetasi khas tepi laut seperti pohon padan laut dan rumput ilalang. Dibagian bawah terdapat tanah lapang yang dipenuhi tumbuhan semak berlukar dan rumput ilalang yang sangat banyak.

Mungkin anda tertarik ?   Wisata Pantai Yang Timang Menguji Adrenalin

Disamping tanah lapang tersebut terdapat tebing karang atau batu kapur yang lebih tinggi dari tebing karang seperti tempat jalan setapak yang dilewati wisatawan pantai wohkudu.

Jam Buka Pantai Wohkudu

Jam buka pantai wohkudu ini 24 jam. Artinya wisatawan bebas mau datang kapan saja dan jam berapapun, heheheheheheheheheheeeee…………………….

Tiket Pantai Wohkudu

Untuk biaya tiket masuk ke pantai wohkudu ini retalif sangat murah. Bagi yang wisatawan menggunakan kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 2.000. Dan bagi wisatawan yang menggunakan roda empat dikenakan biaya Rp. 5.000.

Lain lagi pagi wisatawan yang ingin camping akan dikenakan biaya menginap sebesar Rp. 20.000. Apabila wisatawan akan ke toilet umum dikenakan biaya Rp. 5.000.

Daya Tarik Pantai Wohkudu

  • Pantai yang terpencil

Pantai wohkudu merupakan salah satu pantai di gugusan laut yang berada disepanjang pantai selatan Yogyakarta masih alami dan belum terjamah oleh wisatawan.

Pantai wohkudu ini memang unik dan beda dari pantai – pantai lainnya, letaknya yang tersembunyi memberi kesan tersendiri bagi para wisatawan. Saat wisatawan menginjakan kaki di pantai wohkudu tiga kata yang akan terucap sunyi, tenang, dan damai yang membuat wisatawan betah berlama – lama dipantai tersebut.

Pantai wohkudu dan pantai greweng sama – sama terhimpit oleh diantara dua bukit karang. Pantai wohkudu terbilang jauh lebih sempit dibanding dengan pantai greweng.

Namun karena kondsini terhimpit tersebut membuat pantai wohkudu tidak mempunyai hamparan pasir yang luas. Luas pantai tersebut kurang lebih 1 hektar saja.

Dengan kondisi pantai yang sempit membuat pantai wohkudu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan daan memberikan kesan eklusif. Bagaimana tidak? Dengan kondisi pantai yang letaknya tersembunyi dan suasana pantai yang tenang cocok bagi wisatawan yang ingin melepas kepenatan dari hiru pikuk kota setelah bekerja berbulan – bulan.

  • Memancing
Mungkin anda tertarik ?   Wow, Bunga Amarilis di Gunungkidul ini Kembali Mekar

Cuuuuuuuung……. Siapa yang suka mancing? Hehehehehehehehe………. Jika bagi wisatawan yang mempunyai hobi memancing yuuuuuk ikutan memancing bersama dengan warga lokal di pantai wohkudu.

Ya para warga sekitar memanfaatkan pantai wohkudu sebagai tempat favorit spot memancing. Selain sebagai hobi, memancing dapat memerikan angin segar dan rasa kepuasan tersendiri.

Yuuuk bagi wisatawan siapa saja yang hobi memancing jangan lupa saat mengunjungi pantai wohkudu untuk membawa alat pancing.

Pasti akan menyenangkan jika berlibur sambil mendirikan tenda dipingngir pantai, sambil memancing ikan didekat pantai dan membakar ikan segar hasil pancingan sendiri, diatas api unggun ditepi pantai.

Sungguh ide yang menarik menikmati makan malam dengan melihat pemadangan pantai wohkudu yang indah dimalam hari.
Jika para wisatawan melihat gubug – gubug kecil disepanjang pantai wohkudu, gubug tersebut sengaja didirikan oleh warga setempat untuk menyimpan peralatan memancing atau jarring bekas yang abis digunakan untung menangkap ikan.

  • Camping

Ngebayangin camping dipinggir pantai seru kali ya, hehehehehe……… yuuuk cuuuuus pergi kepantai wohkudu bersama teman ataupun keluarga pasti seru camping bersama.

Pantai wohkudu emang bener- bener pantai yang bikin hati tenang, damai dan nyaman. Selain itu hamparan tanah lapang yang cukup luas dan diapit diantara dua tebing karang membuat pantai wohkudu menjadi tempat spot camping yang bernilai sempurna.

Camping dipantai wohkudu pilihan yang tepat untuk melepas lelah. Suasana pantai yang tenang, sunyi, damai dan dipadukan dengan tempatnya yang tersembunyi, sehingga masih jarang pengunjung membuat pantai tersebut menjadi milik pribadi.

Dipantai ini wisatawan bebas mau melakukan apa saja seperti menyalakan api unggun, membakar ikan, bermain gitar sambil bernyanyi bersama – sama dan masih banyak lagi.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.